7 Makanan Tradisional Indonesia Populer
Umum

7 Makanan Tradisional Indonesia Populer

7 Makanan Tradisional Indonesia Populer7 Makanan Tradisional Indonesia Populer

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keragaman budaya. Keberagaman budaya Indonesia sepertinya memberikan pengaruh terhadap ragam kuliner yang ada di negara tercinta kita ini. Ada banyak makanan tradisional Indonesia populer yang kemudian bukan hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia, melainkan dikenal oleh dunia. tidak sedikit wisatawan mancanegara rela datang jauh-jauh hanya untuk menikmati makanan tradisional Indonesia tersebut.
Berikut ini kami akan memberikan beberapa referensi seputar makanan tradisional Indonesia populer. Beberapa makanan tersebut mungkin sudah familiar di telinga anda, namun mungkin anda belum pernah mencicipinya.

1. Gado-gado

Siapa yang tidak kenal gado-gado? Di setiap daerah pasti kita menemukan penjual gado-gado. Mungkin bisa dikatakann bahwa gado-gado merupakan salad khas Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Makanan yang satu ini bukan hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia. Banyak bule yang penasaran dan malah ketagihan untuk terus memakannya.
Bahkan gado-gado pernah diikutsertakan dalam sebuah ajang hidangan yang bersaing dengan hidangan andalan atau hidangan khas dari negara-negara lainnya. Kabar baiknya, gado-gado berhasil menjadi juara pertama. Sejak saat itulah makanan yang satu ini semakin banyak dikenal masyarakat dunia dan bahkan menjadi makanan favorit ketika berkunjung ke Indonesia.

2. Sop buntut

Makaan tradisional Indonesia populer yang kedua adalah sop buntut. Makanan ini bukan hanya menjadi makanan favorit masyarakt Indonesia, melainkan juga menjadi menu makanan kesukaan penduduk Spanyol. Mereka pertama kali suka dengan sop buntut di saat Kedutaan Indonesia untuk Italia memperkenalkan beberapa makanan khas Indonesia, termasuk salah satunya adalah sop buntut.
Masyarkat Spanyol memang gemar mengkonsumsi makanan olahan daging sapi. Karena itulah, sop buntut menjadi menu makanan kesukaan mereka. Terlebih lagi dengan cita rasa yang khas.

3. Tempe

Tempe merupakan makanan yang sangat dikenal oleh semua kalangan. Makanan yang terbuat dari kedelai ini mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Tempe juga sekarang memiliki beragam hidangan atau penyajian. Lalu siapa negara yang menyukai tempe selain Indonesia? Jawabannya adalah Jepang.
Masyarakat Jepang bahkan menjadikan tempe sebagai menu makanan favorit mereka. Hal ini berawal dari seseorang yang pada waktu itu menjual tempe di sebuah bazaar kuliner di Negeri Sakura tersebut. Kemudian ketika pertama kali mencoba, mereka langsung suka dan bahkan sampai menjadi makanan favorit.

4. Rendang

Rendang merupakan makanan yang berasal dari Sumatera Barat. Namun, rendang sekarang sudah anda temukan di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Yang mengkonsumsi rendang bukan hanya dari Indoenesia. Banyak wisatawan mancanegera yang berlibur ke Indonesia sekaligus untuk menikmati makanan yang lezat ini.
Berdasarkan sumber CNN, rendang menempati posisi pertama dari 50 hidangan makanan yang pada waktu itu diikutsertakan pada ajang lomba kuliner di Jerman. Rendang memiliki rasa yang khas dengan dagingnya yang begitu empuk menjadikan makanan yang satu ini berhasil menjadi yang teratas.

5. Nasi goreng

Setiap negara pasti memiliki menu makanan yang satu ini. Akan tetapi, jika anda perhatikan, maka nasi goreng Indonesia memiliki cita rasa yang berbeda. Hal ini karena nasi goreng Indonesia memakai bumbu lengkap. Tidak heran jika nasi goreng menjadi salah satu makanan terlezat di seluruh dunia. Saking enaknya, Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama sangat menyukai nasi goreng khas Indonesia. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis nasi goreng, mulai dari nasi goreng jawa, nasi goreng mawut, dan lain sebagainya.

6. Mie goreng

Sama halnya dengan nasi goreng, mie goreng pun juga anda temukan di negara lain. Namun rasanya sudah tentu berbeda dari yang dimiliki Indonesia. Mie dengan rasa dan campuran yang khas ini menjadikan mie goreng sebagai salah satu makanan favorit, terutama di malam hari.

7. Sate

Sate Madura dan sate Padang adalah makanan tradisional Indonesia populer yang tidak boleh dilupakan. Sate banyak dihidangkan di berbagai restoran, baik restoran nasional sampai restoran internasional sekalipun. Sate bahkan sudah menjadi makanan favorit masyarakat negara lain karena cita rasanya yang sangat lezat. Bahkan jika anda pergi ke New York, di sana ada sebuah restoran bernama Satay Junction yang memang menyediakan menu makanan sate dengan beragam hidangan.

 

POS-POS TERBARU