8 Pola Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen,  Dan Penjelasannya

8 Pola Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen,  Dan Penjelasannya

8 Pola Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen,  Dan Penjelasannya

8 Pola Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen,  Dan Penjelasannya
8 Pola Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen,  Dan Penjelasannya

Keanekaragaman hayati sanggup terjadi pada aneka macam tingkat kehidupan, termasuk pada tingkat genetik, tingkat spesies atau spesies, dan tingkat ekosistem. Keragaman pada tingkat kehidupan sangat menarik untuk diperhatikan alasannya ialah kita sanggup melihat perbedaan antara satu tingkat kehidupan dengan tingkat kehidupan dalam satu ekosistem. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas wacana beberapa pola tingkat gen keanekaragaman hayati di kingdom animalia (hewan) serta di kingdom plantae (tumbuhan).

Tingkat Keanekaragaman Genetik Contoh Gen

Keanekaragaman hayati tingkat gen ialah keanekaragaman hayati yang mengakibatkan variasi antar individu dalam suatu spesies (spesies). Kita sanggup menemukan pola keanekaragaman hayati tingkat gen pada organisme di sekitar lingkungan kita, contohnya pada padi, mangga, jagung, pisang, dan binatang ibarat ayam dan kambing.

Keanekaragaman hayati sanggup terjadi pada aneka macam tingkat kehidupan 8 Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen,  dan Penjelasannya.

1. Keanekaragaman hayati pada padi

Contoh keanekaragaman hayati tingkat gen sanggup ditemukan pada tumbuhan padi. Bagi mereka yang tinggal di pedesaan atau yang orang tuanya ialah petani tentu saja, kita sudah terbiasa dengan varietas varietas tumbuhan padi ini, ibarat varietas Ciherang, Emerging, Inpari, Digul, Cilamaya, Rojolele, dan lain-lain. Masing-masing varietas ini mempunyai perbedaan baik dari segi karakteristik fisik daun, buah, batang, dan akar, kelangsungan hidup, dan dalam hal umur tanam.

2. Keanekaragaman hayati pada mangga

Sama ibarat tumbuhan padi, tumbuhan mangga juga mempunyai tingkat keanekaragaman hayati gen. Bagi yang suka makan mangga tentunya Anda mengenal beberapa jenis mangga ibarat mangga manalagi, mangga golek, mangga gadung, arum mangga manis, atau apel mangga. Dari sisi buah, mangga ini mempunyai rasa dan tekstur yang berbeda, serta dalam hal penampilan fisik tanaman.

3. Keanekaragaman hayati di Jagung

Contoh keanekaragaman hayati tingkat gen juga terjadi pada tumbuhan jagung. Petani mengenali banyak jenis jagung yang akan mereka tanam. Jenis varietas yang dipilih biasanya diadaptasi dengan kondisi lingkungan tanam, alasannya ialah masing-masing varietas mempunyai ketahanan yang berbeda dalam kondisi lingkungan yang berbeda. Beberapa pola varietas tumbuhan jagung ibarat varietas Pioner, BISI, NK, DK, Bima, dan sebagainya.

4. Keanekaragaman hayati pada pisang

Tanaman pisang juga mengenali beberapa varietas alasannya ialah tingkat keanekaragaman hayati gen pada spesies Musa ini ialah paradisiaca. Kita sanggup tahu wacana pisang dengan aneka macam nama dan jenis mulai dari pisang manado, pisang kepok, pisang muli, pisang nangka, lilin pisang, pisang siem, dan sebagainya. Setiap jenis pisang mempunyai rasa dan buah yang berbeda, serta ciri morfologi tanaman.

5. Keanekaragaman hayati pada bunga kertas (bougenvil)

Bagi peminat tumbuhan bunga, harus tahu nama bunga bougenvil atau bunga kertas. Bunga kertas mempunyai bermacam-macam varietas yang ditampilkan dengan warna bunga, bentuk daun, dan gaya yang berbeda. Dengan teknik grafting atau okulasi, varietas bunga kertas biasanya dihubungkan sehingga dalam satu tumbuhan sanggup tumbuh lebih dari satu warna bunga.

6. Keanekaragaman hayati pada ayam

Contoh keanekaragaman hayati tidak hanya sanggup terjadi di dunia tumbuhan. Pada binatang kita juga sanggup menemukannya. Misalnya pada ayam. Kita mengenal beberapa jenis ayam, termasuk ayam, ayam bangkok, ayam cemani, kate ayam, dan sebagainya. Keragaman ayam ialah bukti keanekaragaman hayati tingkat genetik.

7. Keanekaragaman hayati pada Kambing

Dengan ayam, di dunia kambing kita tahu pola keragaman hayati tingkat gen. Ada kambing etawah yang memproduksi daging dan susu, kambing alpine, kambing kambing, dan kambing boer merupakan bukti variasi tingkat gen di dunia kambing.

Baca Juga: