Pendidikan

Arti Penting Pembalut

Arti Penting Pembalut

Secara umum, pembalut  adalah  sesuatu  yang dipakai untuk membalut : kain, luka, daun nyiur biasa dipakai sebagai  ketupat.

Secara khusus, pembalut  adalah  sebuah  perangkat yang digunakan oleh wanita disaat menstruasi,  ini berfungsi untuk menyerap darah dari vagina supaya tidak meleleh kemana-mana. Selain saat menstruasi, perangkat ini juga di gunakan setelah pembedahan vagina, setelah melahirkan, sesudah aborsi,  maupun situasi lainnya yang membutuhkan pembalut ini untuk menyerap setiap cairan yang berupa pendarahan pada vagina.

2.2 Pembalut yang beredar

Pembalut wanita adalah produk sekali pakai. Karena itulah para produsen mendaur ulang bahan baku kertas bekas dan pulp menjadikannya bahan dasar untuk menghemat biaya produksi.

Dalam proses daur ulang, banyak bahan kimia digunakan untuk proses pemutihan kembali, menghilangkan bau dan proses sterilisasi kuman-kuman pada kertas bekas sebagai bahan dasar pembalut. Kertas  bekas  yang  didaur ulang dan memakai bahan kimia ini dijadikan pembalut wanita yang sering kita jumpai di pasaran dan dipakai para konsumen. Pembalut ini mengandung zat Dioxin yang sangat berbahaya.

Di Indonesia banyak beredar pembalut berkualitas buruk, namun kita tidak diinformasikan tentang bahaya tersebut, dan industri pembalut tetap menjual produk mereka dengan harga yang sangat murah dan berkualitas rendah karena tidak memakai bahan kapas melainkan berbahan dasar sampah kertas daur ulang dan pemutih.

Pembalut wanita merupakan benda yang sangat vital bagi kaum hawa bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok ketika seorang wanita sedang menstruasi.Tanpa disadari, ternyata justru menjadi salah satu penyebab penyakit kewanitaan dengan ditemukannya zat DIOXIN pada benda sahabat wanita itu. Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO bahwa zat DIOXIN dapat menyebabkan kanker.

2.3 Dampak Negatif Penggunaan Pembalut

Bahaya yang ditimbulkan dari penggunaan pembalut yang mengandung Dioxin, diantaranya adalah :

  1. Kemandulan
  2. Keguguran
  3. Prolase.

         Prolase adalah gejala rahim yang merosot sampai pada batas vagina. Hal ini merupakan suatu gejala yang tak wajar. Bahkan ada yang merosot terus antara kedua kakinya. Gejalanya; sukarnya untuk membuang air seni, tidak dapat menahan air kencing, vagina mengeluarkan cairan, terasa sakit pinggang belakang, merasakan seperti ada sesuatu yang senantiasa hendak keluar dari liang vagina, dan gejala tersebut dapa lenyap apabila wanita tidur dengan berbaring santai. Kondisi ini disebabkan karena melembeknya keadaaan otot-otot yang menunjang rahim tersebut. Penyebabnya, biasanya terjadi kerusakan pada waktu kelahiran (99% dari kaum wanita yang melahirkan bayi). Akan tetapi pertambahan usia dan kegiatan yang berat juga dapat menunjang penyakit ini. Gejalanya sering muncul setelah menopause, sebab otot-otot akan kehilangan kekuatannya.

sumber :

 

https://icanhasmotivation.com/cara-beli-mobil-bekas-online/