Cara Memberi Pakan Kepada Ikan Koi

Cara Memberi Pakan Kepada Ikan Koi

Cara Memberi Pakan Kepada Ikan Koi

Cara Memberi Pakan Kepada Ikan Koi
Cara Memberi Pakan Kepada Ikan Koi

Bagaimana cara memberi pakan kepada ikan koi? Sebagai binatang omnivora, ikan koi mau memakan pakan apa saja yang diberikan kepadanya. Itulah kenapa, memelihara ikan koi tidak begitu sulit. Bahkan ikan ini mau melahap jentik-jentik nyamuk dan lumut yang tumbuh di dalam kolam.

Tetapi pakan yang akan diberikan kepada ikan koi juga wajib diperhatikan kualitasnya. Jika Anda memberi makan secara sembarangan, bukan tidak mungkin pesona ikan yang tadinya terlihat rupawan lama-kelamaan akan semakin memudar. Tentu saja, hal ini sama sekali tidak diperlukan oleh Anda sebagai pemilik dari ikan koi tersebut. Mutu pakan harus senantiasa terjaga semoga bentuk badan ikan tetap ideal dan warnanya pun cerah.

Pakan Alami dan Buatan

Agar tidak merasa bosan, makanan yang diberikan kepada ikan koi harus bervariasi. Anda mampu menggunakan pakan yang bersifat alami atau pun buatan. Yang terpenting pakan tersebut mengandung nilai gizi yang seimbang. Beberapa pakan alami yang biasa digunakan antara lain cacing, jangkrik, udang, sayur, roti, buah jeruk, dan buah semangka. Sedangkan untuk pakan buatan yang diberikan biasanya berbentuk pelet. Pelet harus disimpan di daerah yang kering, terlindung, dan dipakai dalam waktu maksimal 3 bulan.

Pakan untuk Tujuan Tertentu

ikan cupang – Ikan-ikan koi juga perlu diberikan pakan khusus untuk tujuan tertentu. Contohnya kalau Anda ingin memiliki ikan yang cepat gemuk dan tumbuh memanjang, coba berikanlah pakan berupa wheat germ. Sementara itu, untuk meningkatkan tingkat kecerahan warna ikan koi, Anda mampu memberinya pakan yang mengandung karoten yang tinggi menyerupai wortel, kubis, ganggang tomat, udang, cacing, serta kepiting. Kalau mampu hindari menunjukkan pakan berupa nasi dan roti kepada ikan koi alasannya ialah dapat menimbulkan overdosis.

Dosis Pemberian Pakan

Dosis pakan yang diberikan kepada ikan koi tergantung jumlah dan bobot setiap ikan tersebut. Idealnya, pakan yang dimasukkan ke kolam harus habis dalam waktu kurang dari 5 menit. Jika tidak, kesejukan pakan tersebut akan menurun sehingga ikan koi tidak akan meliriknya lagi. Akibatnya sisa-sisa pakan ini bakal berkembang menjadi sampah. Selain itu, ikan koi juga biasanya tidak mampu menghabiskan makanan yang berjumlah banyak dalam waktu relatif cepat.

Hindari Pakan Terlalu Banyak

Pemberian pakan secara berlebihan tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan ikan koi itu sendiri, tetapi juga kondisi lingkungan kolam. Ikan koi yang terlalu banyak makan akan mengeluarkan kotoran dalam jumlah yang juga banyak. Hal ini menyebabkan keadaan air kolam mudah sekali tercemar oleh amonia dan nitrat. Jika tidak segera diatasi, ikan koi yang dipelihara di lingkungan yang buruk akan mudah mengalami stres dan sakit.

Waktu Pemberian Pakan

Waktu pinjaman pakan sebaiknya didasarkan pada kondisi lingkungan air di kolam. Hal ini dikarenakan metabolisme ikan koi pada suhu rendah akan melambat tidak menyerupai pada suhu yang normal. Oleh karena itu, frekuensi dan dosis pinjaman pakan pun wajib dikurangi. Pada keadaan ini, ikan koi pun perlu diberikan komplemen tambahan demi memenuhi kebutuhan nutrisinya.