Cara Praktis Budidaya Udang Galah Air Tawar

Cara Praktis Budidaya Udang Galah Air Tawar

Cara Praktis Budidaya Udang Galah Air Tawar

 

Cara Praktis Budidaya Udang Galah Air Tawar

 

Udang galah merupakan salah satu komodi ikan air tawar yang cukup bagus masa depannya dikarenakan selain harga jualnya lebih tinggi di banding ikan air tawar lainnya juga dapat di pasarkan untuk kebutuhan dalam dan luar Negeri, hal semacam ini ditandai dengan permintaan ekspor ke berbagai negara seperti Jepang serta beberapa negara di Eropa. Dengan kata lain udang galah memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan punya potensi mendapatkan keuntungan bila di kembangkan.

Jenis udang air tawar yang satu ini yakni udang galah benar-benar mempunyai potensi yang cukup besar, hingga bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Terbukti dari permintaan udang galah baik dalam negeri ataupun dari luar negeri yang makinmeningkat.

Budidaya udang galah dapat dilakukan di kolam maupun tambak darat. Sekarang ini aktivitas pembesaran udang galah sudah meyebar luas sampai kepelosok daerah di Indonesia, mencakup daeraha Jawa Barat, tengah, timur dan Bali. Untuk mendukung kesuksesan kegiatan/usaha budidaya udang gala jadi diperlukan tehnologi yang sesuai dengan keperluan serta taraf usaha yang dimiliki oleh pembudidaya.

 

 

Cara Budidaya Udang Galah

Tahapan mengawali budidaya udang galah yaitu :

1. Penentuan Lokasi Budidaya Udang

Rencana pembangunan wadah budidaya mesti penuhi kriteria diantaranya ; lokasi bebas banjir dan pencemaran, tipe tanah liat berpasir, kolam di buat pada ketinggian 0-700 meter diatas permukaan laut.

Air tersedia sepanjang tahun, bebas polusi, aliran air harus bagus, bebas pencemaran, bebas polusi. Debet air yang disarankan 0, 5-1 liter per detik untuk luas kolam 300 sampai 1. 000 M.

2. Peralatan dan Bahan Yang di Butuhkan

Seperti budidaya di kolam pada umumnya, peralatan yang yang perlu disiapkan diantaranya alat pengangkut benih, seser, timbangan, serok, ember, Ayakan halus dari kain dan cangkul.

3. Pengelolaan Air

Sirkulasi air yang baik memiki peranan penting dalam proses pembesaran udang galah. Sebaiknya air pada kolam mesti mengalir. Untuk kolam pemeliharaan dengan media yg tidak mengalir kwalitas air cenderung alami penurunan setelah sebulan masa pemeliharaan. Untuk mengatasinya bisa dikerjakan pergantian air sekitar 30-50 persen dengan air yang baru.

4. Penanggulangan Hama Dan Penyakit Udang

Terdapatnya hama dan penyakit tergantung dengan kontrol yang dikerjakan secara visual pada organisme pengganggu baik yang berbentuk predator ataupun ikanpesaing.

Hama yang kerap mengganggu dikolam pemeliharaan yaitu ikan2 liar yang masuk tanpa sengaja seperti ikan lele, ikan gabus dan sebagainya. Untuk menghindar masuknya hama pemangsa itu butuh di buat saringan pada pintu pemasukan serta pengeluaran air kolam berbentuk hapa yang terbuat dari jaring.

Dalam sistem pembesaran dibutuhkan pengecekan kesehatan yang dilakukan sebagaimana berikut ini :

Pengambilan contoh untuk pengujian kesehatan udang galah (Macrobrachium rosenbergii) dikerjakan secara acak dengan jumlah udang sesuai dengan keperluan untuk penilaian visual ataupun mikroskopik.

Penilaian visual dikerjakan untuk kontrol terdapatnya tanda-tanda penyakit serta kesempurnaan morfologi udang galah (Macrobrachium rosenbergii) .
Penilaian mikroskopik dilaksanakan untuk pengecekan jasad pathogen (parasit, jamur, virus serta bakteri) pada laboratorium.

Penyakit yang kerap menyerang yaitu udang berlumut yang dikarenakan kedalaman air di kolam kurang mencukupi dengan aliran yang kurang baik, untuk menangani permasalahan dengan aliran air dapat dipasang kincir angin.

 

5. Masa Panen Udang Galah

Udang galah bisa dipanen sesudah 4 bulan, 6 bulan, atau bahkan juga lebih, sesuai dengan ukuran udang yang diperlukan oleh pembeli. Baca Juga: Cara Ternak Burung Lovebird Umumnya udang galah dapat mulai di jual sesudah menggapai ukuran 20 – 25 gr/ekor, namun makin besar ukuran udang harga nya juga makin mahal.

Demikianlah beberapa teknis praktis budidaya udang galah, tahapan budidaya udang galah, dan gambaran analisa keuntungan dari budidaya udang galah. Semoga dapat menginspirasi anda dalam mengawali usaha Budidaya Udang.