CELUK

CELUK

CELUK

CELUK
CELUK

Di Bali ada satu pusat kerajinan emas dan perak di kabupaten Gianyar yang terkenal selain daerah Batubulan yaitu Celuk. Dapat dikategorikan hasil kerajinan emas dan perak disini bermutu tinggi serta asli buatan tangan pengrajin yang yang telah terasaha kemampuannya selama bertahun-tahun. Sekilas memamgng kawasan ini tidak berbeda jauh dengan para pengarin emas dan perak di yogyakarta

Sedikitnya ada sekitar 1.700 s/d 2.500 pengerajin emas dan perak di daerah celuk ini. Yang lebih mengherankan lagi bahwa mereka ini mengandalkan kerajinan ini sebagai mata pencaharian utamam mereka. Seperti halnya di kawasan kerajinan perak Yogyakarta, di Celuk ini juga para pengrajin mendapatkan keahlian mereka secara turun-temurun dari nenek moyang mereka.

Di kawasan bagian selatan kota Celuk, ada transakasi khusus yang dilakukan oleh para pengrajin dan patokan harga yang digunakan biasanya memakai US Dollar serta  pada galeri-galeri tersebut juga menerima pembayaran dengan kartu kredit. Jika mau harga yang lebih murah, sebaiknya kita datangi saja ke kios-kios yang lebih kecil yang terletak dibagian belakang desa di kawasan Celuk. Kalo kebetulan kamu datang dari Sukawati dan pengen main kesini, kamu tinggal belok kiri ngikutin petunjuk jalan dan masuk gang. Gak sulit kok! Kalian bakalan nemuin kios-kios kecil sih yang menjual kerajinan emas dan perak. Harganya biasanya relatif lebih murah, tetapi kualitasnya nggak kalah saing loh sama pengrajin-pengrajin ternama. Oh ya satu lagi, mereka juga mau loh menerima pesanan dengan berbagai motif yang kita inginkan.

Baca Juga :