Umum

Desain Vintage Untuk Ruang Tamu

Desain Vintage Untuk Ruang Tamu

Penggemar gaya jadul yang juga dikenal dengan gaya vintage tidak hanya dapat mengekspresikan diri dalam gaya berbusana, tetapi juga dapat menghadirkannya dalam desain interior rumah. Salah satunya menghadirkan desain ruang tamu bergaya vintage yang unik dan ekspresif.

Ruang tamu merupakan ruang publik di rumah Anda. Tempat di mana Anda dapat menunjukkan dan menunjukkan kepribadian unik Anda kepada pengunjung. Penggunaan dan pemilihan furniture, warna dan penempatan furniture dalam satu kesatuan yang akan memberikan kesan tersendiri.

Gaya desain vintage pada ruang tamu akan memberikan kesan klasik, teduh, hangat dan nyaman.

Gaya vintage sering diidentikkan dengan sesuatu yang terlihat kuno, lusuh, dan klasik. Namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena sebenarnya vintage bukan hanya sekedar dekorasi antik. Saat ini telah banyak penjualan berbagai furniture dan ornamen baru yang sengaja dibuat dengan gaya vintage. Jadi, Anda dapat dengan mudah menemukannya di toko-toko dekat rumah Anda.

Bagi Anda yang merupakan penggemar berat gaya jadul, tidak ada salahnya menghadirkan gaya vintage sebagai piring di ruang tamu. Dengan furnitur abad pertengahan dan trim interior yang ditata sedemikian rupa, suasana ruang tamu akan tampil memiliki tampilan yang khas dan unik.
Pilih warna cerah

Gaya desain vintage sering kali menonjolkan warna-warna cerah dan berani. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan penggunaan warna-warna cerah tersebut. Pilih warna-warna cerah yang sedikit pudar, untuk karakter vintage yang benar-benar khas.

Perhatikan juga kesesuaian warna satu sama lain pada ruangan tersebut. Buat unit warna yang akan menyampaikan kesan senada. Hindari menggunakan lebih dari tiga warna cerah, hal ini dilakukan agar ruangan tidak berantakan dan membingungkan penglihatan Anda.

Sebenarnya Anda juga bisa berkreasi dengan warna-warna dasar selain warna-warna cerah yang eye catching. Penggunaan warna putih disarankan untuk memberikan kesan cerah dan luas.

Sepotong furnitur

Desain furnitur vintage menerapkan gaya antik dari tahun 1960-an, biasanya menggunakan furnitur kayu atau logam. Gaya desain ini tidak menggunakan bahan plastik atau buatan pabrik.

Furnitur dan perabot dengan sedikit cat yang terkelupas akan memperkuat kesan vintage yang kuat pada ruangan. Saat ini, Anda dapat dengan mudah menemukan model ini di toko furnitur online.

Atau bisa juga menggunakan peralatan lama yang tidak bisa digunakan. Lakukan modifikasi dan perbaikan pada bagian yang rusak kemudian lakukan pengecatan ulang. Atau Anda bahkan tidak perlu mengecat ulang jika Anda benar-benar menginginkan tampilan “antik” di ruang tamu Anda.
aksesoris

Sebagai sentuhan akhir yang manis, Anda bisa meletakkan permadani yang warnanya bisa Anda sesuaikan dengan suasana ruangan. Untuk dinding, Anda bisa menghiasnya dengan foto atau poster berbingkai kayu.

Menambahkan bunga atau tanaman hias juga merupakan cara lain untuk mempercantik ruang tamu vintage Anda. Taruh sekuntum bunga di dalam botol antik berwarna hijau, kesan vintage sangat kuat di ruangan itu.

Jika Anda memilih tanaman untuk mendekorasi ruangan, gunakan pot yang memberi kesan jadul. Kaleng minyak bekas atau wadah kue yang berfungsi ganda sebagai pot bunga bisa menjadi item dekorasi unik untuk tampilan ruang keluarga Anda.

Desain ruang tamu vintage, memang terasa sangat ekspresif. Ruangan itu seakan memiliki nuansa dan suasana yang membawa semua kenangan lama.