Perikanan

Dua Gaya Kepemimpinan

Dua Gaya Kepemimpinan

  1. Gaya dengan orientasi tugas (task-oriented).

Manajer ororientasi tugas mengarahkan dan mengawasi bawahan secara tertutup untuk menjamin bahwa tugas yang dilaksanakan sesuai yang diinginkannya. Manajer dengan gaya kepemimpinan ini lebih memperhatikan pelaksanaan pekerjaan dari pada perkembangan dan pertumbuhan karyawan.

  1. Gaya dengan orientasi karyawan ( employee-oriented).

Manajer berororientasi karyawan mencoba untuk lebih memotivasi bawahan dibanding mengawasi mereka. Mereka mendorong para anggota kelompok untuk melaksanakan tugas-tugas dengan memberikan kesempatan bawahan untuk berpartisipasi dalam pembuatan keputusan, memciptakan suasana persahabatan serta hubungan-hubungan saling mempercayai dan menghormati dengan para anggota kelompok.

  1. Aspek Gaya Kepemimpinan

Firman Allah SWT dalam surah Al-Fath (48) Ayat 29 :

محمد رسول الله و الذين معه, أشداء على الكفار رحماء بينهم ترهم ركعا سجدا يبتغون فضلا من الله ورضوانا سيماهم فى وجوههم من أثرالسجود ذالك مثلهم فى التوره ومثلهم فى الإنجيل كزرع أخرج شطئه, فئازره, فاستغلظ فاستوى على سوقه يعجب الزراع ليغيظ بهم الكفار وعد الله الذين ءامنوا وعملوا الصلحت منهم مغفرة وأجرا عظيما {سورة الفتح :29}

“Mmuhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah tegas terhadap orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka, kamu lihat mereka ruku’, sujud, dan mencari katunia Allah SWT dan keridhaannnya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam taurat dan sifat-sifat mereka dalam injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunasnya itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus diatas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah SWT hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mu’min). Allah SWT menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar” (QS. Al-Fath :29).

sumber :