Fitur Unggulan MacOS Catalina, Auto Dark Mode hingga Sidecar
Teknologi

Fitur Unggulan MacOS Catalina, Auto Dark Mode hingga Sidecar

Fitur Unggulan MacOS Catalina, Auto Dark Mode hingga Sidecar

 

Fitur Unggulan MacOS Catalina, Auto Dark Mode hingga Sidecar
Fitur Unggulan MacOS Catalina, Auto Dark Mode hingga Sidecar

MacOS Catalina menawarkan sejumlah fitur baru yang dapat meningkatkan

pengalaman pengguna, seperti auto dark mode, screen time, dan sebagainya. Resmi diperkenalkan pada 7 Oktober 2019, Catalina menjadi penerus MacOS versi sebelumnya, Mojave.

Berikut lima fitur andalan MacOS Catalina sebagaimana dilansir dari Digital Trends, Senin (14/10/2019).

1. Apple Music, Apple TV, dan Apple Podcast

Aplikasi Apple Music, Apple TV, dan Apple Podcast kini hadir di MacOS Catalina. Ketiga aplikasi ini berposisi sebagai pengganti iTunes. Apple sebelumnya telah mengonfirmasi ‘kematian’ iTunes di WWDC 2019.

Apple Music menawarkan performa lebih cepat dari iTunes, serta dapat mengakses library yang menawarkan lebih dari 50 juta lagu, playlist, dan video musik. Tak hanya itu, Apple Music juga masih dapat mengakses iTunes Music Store.

Apple TV tak kalah keren lantaran menawarkan lebih 100 ribu film dan acara TV untuk dibeli atau disewa. Apple TV juga mendukung fitur 4K HDR dan Dolby Atmos. Sementara Apple Podcast menawarkan katalog hingga 700 ribu episode.

2. Sidecar

Salah satu fitur menarik di MacOS Catalina adalah Sidecar. Fitur ini memungkinkan pengguna MacOS Catalina menjadikan iPad sebagai layar kedua sebagai pendamping Mac. Pengguna dapat melakukan drag layar dari Mac ke iPad sebagai monitor eksternal dan dapat disambungkan dengan Apple Pencil.

Apple mengatakan bahwa Sidecar di MacOS Catalina dapat dihubungkan dengan kabel (wired) maupun wireless. Tak hanya itu, Sidecar ini juga kompatibel dengan fitur Touchbar di MacBook Pro.

3. Auto Dark Mode

Dark Mode sebenarnya sudah hadir di MacOS Mojave yang kini mendapat kemampuan baru di MacOS Catalina. Tema gelap ini dapat otomatis aktif berdasarkan waktu hari itu, misalnya ketika memasuki malam, maka Dark Mode akan aktif. Dark mode ini juga berlaku di aplikasi lain yang telah mendukung fitur ini.

4. Screen Time

Fitur ini berfungsi membatasi penggunaan dan akses aplikasi di perangkat Apple, termasuk Mac, iPhone, dan iPad. Screen Time juga menampilkan statistik penggunaan dan didukung fasilitas One More Minute untuk memberi tambahan waktu.

5. Aplikasi Photos

Aplikasi Photos di MacOS Catalina telah mengalami perombakan yang signifikan dan menampilkan kurasi yang lebih baik. Photos akan menyeleksi foto-foto terbaik, menghapus foto berkualitas buruk, dan menghapus foto yang terduplikasi.

Baca Juga: