Pendidikan

Gaya kepemimpinan otoriter/authoritarian

Gaya kepemimpinan otoriter/authoritarian

Adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang dimbil dari dirinya sendiri secara penuh. Segala pembagian tugas dan tanggung jawab di pegang oleh si pemimpin yang otoriter tersebut, sedangkan para bawahan hanya melaksanakan tugas yang telah diberikan.

  1. Gaya kepemimpinan demokratis/democratic

Adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikut sertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya.

  1. Gaya kepemimpinan bebas/laissez-faire

Pemimpin jenis hanya terlibat dalam kuantitas yang kecil dimana para bawahannya yang secara aktif menentukan tujuan dan penyelesaian masalah yang dihadapi.

Selain yang sudah disebutkan diatas, masih ada lagi gaya kepemimpinan berdasarkan dari kepribadian, seperti di bawah ini:

  1. a)Gaya kepemimpinan Karismatis

Kelebihan gaya kepemimpinan karismatis ini adalah mampu menarik orang. Mereka terpesona dengan cara bicaranya yang membangkitkan semangat. Biasanya pemimpin dengan gaya kepribadian ini visionaris. Mereka sangat menyenangi perubahan dan tantangan.

Mungkin kelemahan terbesar tipe kepemimpinan model ini bisa di analogikan dengan pribahasa “tong kosong nyaring bunyinya”. Mereka mampu menarik orang untuk datang kepada mereka.  Setelah beberapa lama, orang-orang yang datang ini akan kecewa karena ketidak konsistenan. Apa yang diucapkn ternyata tidak dilakukan. Ketika diminta pertanggung jawabannya, si pemimpin akan memberikan alasan, permintaan maaf, dan janji.

sumber :

https://montir.co.id/seva-mobil-bekas/