IBM Bikin Komputer Sebesar Butiran Garam!

IBM Bikin Komputer Sebesar Butiran Garam!

IBM Bikin Komputer Sebesar Butiran Garam!

IBM Bikin Komputer Sebesar Butiran Garam!
IBM Bikin Komputer Sebesar Butiran Garam!

Kalau Sobat membayangkan wujud komputer pada masa kini, kemungkinan besar komputer berwujud PC dan laptop merupakan apa yang akan muncul di benakmu. Walau komputer kekinian sudah berukuran jauh lebih kecil dari komputer generasi awal, ternyata masih ada lagi micro computer yang memiliki ukuran super kecil.

Nah, baru-baru ini IBM memamerkan komputer yang berhasil menyedot perhatian berbagai kalangan di konferensi IBM Think 2018, karena perusahaan ini berhasil meluncurkan komputer dengan ukuran 1×1 mm. Penasaran kan? Makanya, ayo langsung saja kita bahas beberapa fakta soal komputer ini!

 

Ukuran Super Mini

Seperti apa yang tertulis di atas, ukuran komputer besutan IBM ini hanya berukuran 1×1 mm. Hebatnya, chip dari komputer super kecil ini lebih kecil dari satu butiran garam lho, Sobat Shopee! Walaupun ukuran komputer ini membesar setelah motherboard terpasang, komputer IBM ini masih bisa ditaruh di ujung jarimu.

 

Biaya Produksi yang Sangat Murah

 

Dengan teknologi super canggih ini, ternyata IBM mengklaim bahwa biaya produksi dari komputer ini sangat murah lho. Untuk memproduksi satu unit komputer ini, IBM hanya membutuhkan kurang dari 10 sen. IBM sendiri percaya kalau komputer ini bisa disebarluaskan di beberapa waktu kedepan.

 

Spesifikasi dan Prosesor

 

Komputer ini dilengkapi oleh ratusan ribu prosesor, SRAM memory, sel photo-voltaic untuk sumber daya listrik, dan unit komunikasi berupa LED dan detektor foto. IBM sendiri mengatakan bahwa komputer ini memiliki kekuatan komputasi yang sama seperti chip x86 rilisan tahun 1990. Chip x86 sendiri mampu menjalankan game Doom generasi pertama yang membutuhkan RAM 4 MB dan prosesor 386 untuk bisa dimainkan.

 

Tujuan Pembuatan

 

Komputer ini memang dibuat oleh IBM untuk membantu proses SCM atau biasa disebut supply chain management, dan turut melawan fraudpada global supply chain. Walau komputer ini tidak akan digunakan untuk fungsi-fungsi biasa yang dapat dilakukan pada kebanyakan komputer masa kini, komputer ini mampu memonitor, menganalisa, dan menyortir data. Nah, komputer ini dikembangkan sejalan dengan proyek pengembangan chip crypto-anchors oleh IBM.

Sobat , itulah beberapa fakta soal komputer IBM yang super kecil ini. Walau pada saat kini kamu masih belum bisa menemukan komputer ini di pasaran, mungkin saja di masa depan komputer ini akan berperan besar di dunia teknologi. Kira-kira Sobat Shopee tertarik tidak untuk memiliki komputer ini?

 

Sumber : https://ngelag.com/