INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pendidikan

 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
1. Definisi dari Interaksi Manusia Komputer
a. Sekumpulan proses, dialog dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer.
b. Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengaN mempertimbangkan fenomena-fenomena di sekitar manusia itu sendiri.
c. Suatu studi ilmiah tentang masyarakat didalam lingkungan kerjanya.
Interaksi Manusia – Komputer (IMK) / Human Computer Interaction / HCI) merupakan satu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem. Sistem tersebut meliputi :
– Sistem pada komputer
– Sistem yg digunakan dalam kehidupan sehari-hari : kendaraan, peralatan rumah tangga dan sebagainya.DF
Peran Utama IMK menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan, aman, efektif dan efisien. Model IMK melibatkan 3 komponen :
a. Pengguna
b. Interaksi
c. Sistem
Kunci utama IMK adalah daya guna (usability) :
a. Sistem harus mudah digunakan
b. Memberi keamanan kepada pengguna
c. Mudah dipelajari

6. FAKTOR-FAKTOR PENDEWASA HCI

1. Faktor Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan merupakan bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berpikir manusia dengan mesin, untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah dan pembelajaran. Faktor ini berperan penting dalam pengembangan IMK, sehingga akan tercipta sistem yang betul-betul menyerupai pola pikir manusia.
Contoh : Robot
2. Faktor Linguistik Komputasional
Peran bahasa yang digunakan sebagai antarmuka sangat penting, agar user lebih mudah menggunakan sistem dan tidak terjadi kesalah pahaman Dibutuhkan komposisi bahasa yang sangat baik, yang dapat dengan mudah dimengerti oleh user.
3. Faktor Psikologi
Pemahaman akan psikologi orang yang akan menggunakan software sangatlah dibutuhkan dalam IMK, mengingat setiap user memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda. Dalam perancangan program, harus diperhatikan :
o Siapa target pengguna program
o Bagaimana lingkungan nya
o Bagaimana perilaku mereka secara umum
o Sehingga hasil program lebih user friendly.
4. Faktor Multimedia
Dengan multimedia, tampilan dari suatu interaksi akan menjadi lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh pengguna. Contoh : anak-anak sudah bisa memainkan game dengan komputer karena ada banyak konteks multimedia di dalamnya (gambar, suara, teks, grafik dsb)
sumber :