ITS Raih Juara 3 Anugerah Produk Inovasi Kemenristekdikti

ITS Raih Juara 3 Anugerah Produk Inovasi Kemenristekdikti

ITS Raih Juara 3 Anugerah Produk Inovasi Kemenristekdikti

ITS Raih Juara 3 Anugerah Produk Inovasi Kemenristekdikti
ITS Raih Juara 3 Anugerah Produk Inovasi Kemenristekdikti

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai kampus yang terus berkomitmen

untuk berinovasi membangun negeri, berhasil meraih Anugerah Widyapadhi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Penghargaan tersebut diterimakan pada acara Malam Apresiasi Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 yang bertempat di kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Bali, Selasa (27/8) malam.

Pada setiap gelaran Hakteknas tiap tahunnya, Kemenristekdikti selalu memberikan penghargaan kepada mereka yang telah melakukan terobosan dalam menghasilkan produk-produk inovasi untuk negeri. Penghargaan itu diberikan di antaranya untuk pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten atau kota, perguruan tinggi, lembaga non pemerintah, komunitas atau lembaga masyarakat, industri dan masyarakat umum.

Penghargaan ini terbagi menjadi beberapa kategori yaitu BUDHIPURA, BUDHIPRAJA, WIDYAPADHI, WIDYA RIDHA, ABYUDAYA, ADIBRATA, LABDHA KRETYA, dan PRAYOGASALA.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng yang menerima penghargaan tersebut mengatakan, tahun ini ITS menerima anugerah dalam kategori Widyapadhi Sub Kategori Produk Inovasi dengan menempati peringkat ketiga untuk perguruan tinggi.

BACA JUGA – Doktor Teknik Elektro ITS Temukan Desain Optimal untuk PLTB

 

Penghargaan Widyapadhi merupakan anugerah untuk mengapresiasi prestasi Perguruan Tinggi dalam membangun Sistem lnovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi.

Rektor yg kerap disapa Ashari ini mengatakan, ITS dapat menempati posisi ketiga

dalam penghargaan ini atas produk-produk inovasi yang terus dihasilkannya beberapa tahun terakhir. Di antaranya kendaraan motor listrik GESITS, aplikasi untuk pemesanan dan pembelian makanan institusi ITS Food, desain Light Rail Transit (LRT) untuk wilayah Jabodebek dan Palembang, serta early warning system untuk kapal yaitu AISITS, dan juga beberapa produk inovasi lain yang telah dihasilkan oleh ITS untuk bangsa Indonesia ini.

Untuk hasil-hasil produk inovasi tersebut, ITS berhasil menempati peringkat ketiga dalam subkategori produk inovasi setelah bersaing dengan 12 finalis perguruan tinggi lain di kategori ini. Sedangkan pada posisi pertama ditempati oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dan posisi kedua oleh Institut Pertanian Bogor (IPB).

Ashari mengungkapkan, pada posisi ini ITS berhasil naik pesat dari nomor 15 tahun lalu, sekarang berhasil mendapatkan juara 3 untuk penghargaan WIDYAPADHI subkategori produk inovasi perguruan tinggi tersebut.

 

Baca Juga :