Kadisdik Imbau Sekolah Optimalkan Pelayanan Saat PPDB

Kadisdik Imbau Sekolah Optimalkan Pelayanan Saat PPDB

Kadisdik Imbau Sekolah Optimalkan Pelayanan Saat PPDB

Kadisdik Imbau Sekolah Optimalkan Pelayanan Saat PPDB
Kadisdik Imbau Sekolah Optimalkan Pelayanan Saat PPDB

Pelaksanaan hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019

berjalan lancar. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dewi Sartika saat  meninjau pelaksanaan PPDB di SMAN 8 Bandung, Jln. Solontongan No. 3, Kota Bandung, Senin (17/6/2019).

“Alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Sejauh ini, dari segi sistem pun masih berjalan bagus. Di sini (SMAN 8 Bandung, red) penyediaan sarana dan prasarana serta pelayanan juga cukup bagus,” ujar Kadisdik.

Kadisdik mengungkapkan, setelah menerima laporan dari setiap sekolah mengenai

pelaksanaan PPDB hari ini, pihaknya akan langsung mengadakan rapat evaluasi. “Nanti siang akan dilakukan rapat evaluasi,” jelasnya.

Kadisdik pun menegaskan, sekolah harus mengoptimalkan pelayanan kepada calon peserta didik dan orang tua, baik dari segi fasilitas maupun pelayanan. “Sekolah harus memberi kenyamanan kepada para pendaftar,” tegasnya.

Selain itu, Kadisdik mengimbau calon peserta didik dan orang tua agar tidak tergesa-gesa saat melakukan pendaftaran. Karena, kecepatan mendaftar bukan tolok ukur diterimanya siswa dalam proses seleksi.

“Kecepatan pendaftaran akan jadi tolok ukur jika jarak koordinat dan nilai ujian siswa satu

dengan yang lainnya sama. Tapi, kemungkinan itu sangat kecil,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMAN 8 Bandung, Suryana menuturkan, pendaftaran PPDB sampai saat ini berjalan lancar. Antara lain, tidak ada kendala sistem serta pelayanan yang diberikan pun sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang ditetapkan.

Pada hari pertama pendaftaran ini, Suryana menilai wajar jumlah pendaftar yang membeludak. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya langsung mengarahkan calon peserta didik dan orang tua yang antre mendaftar untuk masuk ke ruang tunggu dan duduk di kursi yang telah disediakan. “Kita langsung mengarahkan daripada mereka berdiri dan mengantre lama,” ucapnya.

Salah seorang pendaftar, Sesilia Nadia mengaku puas dengan pelayanan PPDB di SMAN 8 Bandung. Siswi lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Santo Aloysius Kota Bandung ini berharap lolos seleksi dan menjadi siswa baru di SMAN 8 Bandung. “Menurut saya, ini adalah salah satu sekolah terbaik di Bandung,” ujar calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur prestasi tersebut.***

 

Baca Juga :