Pendidikan

Keaslian (Authentication)

Keaslian (Authentication)

Keaslian layanan yang berhubungan dengan identifikasi, baik mengidentifikasi kebenaran pihak-pihak yang berkomunikasi (pengguna authentication atau entity authentication), maupun mengidentifikasi kebenaran sumber pesan (data origin authentication).

  1. Tidak ada penyangkalan (Non-Repudiation)

Tidak ada penyangkalan berkaitan dengan menjaga pengguna atau pemilik data tidak dapat menyangkal telah mengakses atau menggunakan data sehingga sistem mengetahui siapa yang bertanggung jawab apa yang telah terjadi pada data tersebut.

  1. Availabiltiy

Aspek ini berhubungan dengan ketersediaan informasi ketika diperlukan. Suatu server yang diserang hingga mati, akan membuat pengguna tidak dapat mengakses informasi yang ada didalamnya.Adapun serangan terhadap keamanan sebuah sistem informasi jaringan komputer memiliki beberapa kemungkinan (W STALLING)

–          Interruption

Melumpuhkan layanan atau server sehingga sistem menjadi rusak. Serangan ditujukan untuk menyerang availability sebuah sistem. Perangkat Sistem menjadi rusak atau tidak tersedia.serangan ditujukan kepada ketersediaan dari sistem

–          Interception

Tujuan mendapatkan informasi yang sifatnya pribadi dan tidak boleh dibaca olehorang lain tanpa seizin pemilik data. Pihak yang tidak berwenang berhasil mengakses aset atau informasi. Contoh dari serangan ini adalah penyadapan (wiretapping).

–          Modification

Tujuan tidak hanya untuk melumpukan layanan, tetapi juga memodifikasi data atau informasi yang dikirimkan sebelum data tersebut sampai di tujuannya. Misal ketika orang berhasil masuk ke alamat situs tertentu, kemudian menggantikan halamannya dengan yang lain (deface).

–          Fabrication

Serangan ini dilakukan dengan menyisipkan obyek-obyek palsu ke dalam sistem. contoh: memasukan pesan pesan palsu seperti e-mail palsu kedalam jaringan komputer

baca juga :