Kebijakan Luar Negeri - Politik Luar Negeri
Pendidikan

Kebijakan Luar Negeri – Politik Luar Negeri

Kebijakan Luar Negeri – Politik Luar Negeri

Kebijakan Luar Negeri - Politik Luar Negeri

Kebijakan luar negeri atau politik luar negeri merupakan strategi atau rencana tindakan yang dibentuk oleh para pembuat keputusan suatu negara dalam menghadapi negara lain atau unit-unit politik internasional lainnya dan dikendalikan untuk mencapai tujuan nasional spesifik yang dituangkan dalam terminologi kepentingan nasional.

Politik luar negeri yang spesifik dilaksanakan oleh sebuah negara sebagai sebuah inisiatif atau sebagai reaksi terhadap inisiatif yang dilakukan oleh negara lain. Politik luar negeri mencakup proses dinamis dari penerapan pemaknaan kepentingan nasional yang relatif tetap terhadap faktor situasional yang sangat fluktuatif di lingkungan internasional dengan maksud untuk mengembangkan suatu cara tindakan yang diikuti oleh upaya untuk mencapai pelaksanaan diplomasi sesuai dengan panduan kebijaksanaan yang telah ditetapkan.

Langkah utama dalam proses pembuatan kebijaksanaan politik luar negeri mencakup:

1.Menjabarkan pertimbangan kepentingan nasional ke dalam bentuk tujuan dan sasaran yang spesifik,

2.Menetapkan faktor situasional di lingkungan domestik dan internasional yang berkaitan dengan tujuan luar negeri,

3.Menganalisis kapabilitas nasional untuk mnjangkau hasil yang dikehendaki,

4.Mengembangkan perencanaan atau strategi untuk memakai kapabilitas nasional dalam menanggulangi variabel tertentu sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan,

  1. Melaksanakan tindakan yang diperlukan,

6.Secara periodik meninjau dan melakukan evaluasi perkembangan yang telah berlangsung dalam menjalankan tujuan atau hasil yang dikehendaki.

Namun proses demikian jarang berlangsung secara kronologis dan logis, seringkali beberapa langkah dalam proses tersebut berlangsung secara bersamaan, dan isu yang fundamental dapat berlangsung kembali pada saat kondisi berubah atau berlangsung surut seperti pada masa sebelumnya. Oleh karena situasi internasional secara konstan selalu berubah-ubah, maka proses pembuatan kebijakan luar negeri selalu berlangsung terus.

Setiap kebijaksanaan luar negeri dirancang untuk menjangkau tujuan nasional. Tujuan nasional yang hendak dijangkau politik luar negeri merupakan formulasi kongkret dan dirancang dengan mengaitkan kepentingan nasional terhadap situasi internasional yang sedang berlangsung serta dengan power yang dimiliki untuk menjangkaunya. Tujuan dirancang, dipilih, dan ditetapkan oleh pembuat keputusan dan dikendalikan untuk mengubah atau mempertahankan ihwal kenegaraan tertentu di lingkungan internasional.


Sumber: https://civitas.uns.ac.id/kasiono/seva-mobil-bekas/