Kemendikbud Rancang Pedoman Skema PPDB Baru
Pendidikan

Kemendikbud Rancang Pedoman Skema PPDB Baru

Kemendikbud Rancang Pedoman Skema PPDB Baru

Kemendikbud Rancang Pedoman Skema PPDB Baru
Kemendikbud Rancang Pedoman Skema PPDB Baru

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah merancang

pedoman skema Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang akan diterapkan pada 2019. Pedoman tersebut mengatur sistem PPDB hingga sistem mutasi yang berdasarkan zonasi.

Menurut Mendikbud, Muhadjir Effendy, dalam pedoman tersebut akan banyak perubahan dari pedoman PPDB sebelumnya. Sebab, melalui pedoman itu pihaknya mengatur sistem PPDB, mutasi, tour of duty, tour of area dan kemudian bantuan sarana dan prasarana sekolah. “Itu semua nanti akan diatur melalui zonasi,” kata Muhadjir kemarin.

Terkait sosialisasi, Muhadjir mengklaim pihaknya telah melakukan sosialisasi

secara menyeluruh mulai dari regional satu hingga regional empat. Dalam sosialisasi dan koordinasi tersebut, Kemendikbud juga meminta pemerintah daerah segera mengklarifikasi jumlah zona di daerahnya.

”Tadi malam yang terakhir (sosialisasi). Sudah ke regional 4 dan sekarang tinggal mempertajam, memastikan zona-nya,” jelasnya. Dalam pedoman PPDB baru, sambung dia, juga akan diatur bagaimana sekolah konsisten menerapkan sistem penerimaan siswa baru dengan berdasar pada radius dari rumah ke sekolah.

Sehingga nantinya nilai Ujian Nasional atau lainnya tidak lagi menjadi pertimbangan

utama dalam PPDB. Sekadar diketahui, Mendikbud Muhadjir Effendy akan mengubah skema proses PPDB pada 2019. Nantinya proses PPDB seperti tahun sebelumnya akan dihapus dan diganti menjadi perekrutan siswa berdasarkan zonasi.

Dia menjelaskan, nantinya Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) berperan menentukan kapasitas di tiap-tiap zona. Untuk itu, dia meminta MKKS segera mengindentifikasi siswa yang akan masuk di jenjang berikutnya pada suatu zona

 

Sumber :

https://voi.co.id/