Umum

Laktasi

Table of Contents

Laktasi

                 Laktasi adalah proses pembentukan dan pengeluaran ASI. Fisiologi laktasi itu sendiri adalah pada saat persalinan hormone estrogen dan progesteronmenurun sedangkan prolaktin meningkat.hisapan bayi pada putting susu memacu atau merangsang kelenjar hipofise anterior untuk mempruduksi atau melepaskan proklatin sehingga terjadi sekreksi ASI.

                 Hal-hal yang mempengaruhi pembentukan dan pengeluarkan ASI

  1. Faktor Antomi payudara
  2. Faktor fisologis nutrisi ibu
  3. Faktor istirahat
  4. Faktor isapan bayi
  5. Obat – obatan
  6. Psikologi
  7. Masalah – masalah pada nifas :
  • Suhu badan
  • Rasa nyeri
  • Urine
  • Darah
  • Penurunan berat badan
  • Defekasi
  1. Kebutuhan masa nifas
  2. Fisik

Istirahat, makanan bergizi, udara segar, lingkungan yang bersih

Psikologi

Distress waktu persalinan segera distabilkan dengan sikap badan atau keluarga yang menunjukan simpati, mengakui, menghargai, sebagai mana adanya

  1. Social

1)  Menemani ibu bila kelihatan kesepian

2)  Ikut menyayangi anaknya

3)  Menanggapi bila memperhatikan kebahagiaan

4)  Menghibur bila terlihat sedih

  1. Psikososial

1) Fase taking in atau tahap tergantungan

Terjadi pada hari 1-2 post partum,perhatian ibu terhadap kebutuhan dirinya,pasif dan tergantung.Ibu tidak menginginkan kontak dengan bayinya bukan berarti tidak memperhatikan.Dalam fase ini yang diperlukan ibu adalah informasi tentang bayinya,bukan cara merawat bayi.

2) Fase Taking Hold

Fase ini berlangsung sampai kira-kira 10 hari.Ibu berusaha mandiri dan berinisiatif,perhatian terhadap dirinya mengatasi tubuhnya,misalnya kelancaran miksi dan defikasi,melakukan aktefitas duduk,jalan,belajar tentang perawatan diri dan bayinya,timbul kurang percaya diri sehingga mudah mengatakan tidak mampu melakukan perawatan.Pada saat ini sangat dibutuhkan sistem pendukung terutama bagi bagi ibu muda atau primipara karena pada fase ini seiring dengan terjadinya post partum blues.

3)  Fase letting Go atau saling ketergantungan

Dimulai sekarang minggu ke 5-6 pasca kelahiran.Tubuh ibu telah sembuh,secara fisik ibu mampun menerima tanggung jawab normaldan tidak lagi menerima peran sakit.Kegiatan seksualnya telah dilakukan kembali

 

Sumber: https://newsinfilm.com/