Pendidikan

Lapangan Bola Voli

Lapangan Bola Voli

ukuran lapangan bola voli berbentuk persegi panjang. Dibelah oleh garis tengah menjadi dua bagian yang berukuran sama. Panjang lapangan 18 meter, sedengkan lebarnya 9 meter.

Dalam setiap bagian lapangan terdapat garis serang, tempat spiker melakukan smash dan juga blocker malakukan blok. Garis serang memiliki ukuran 3 meter. Dibelakang lapangan terdapat area servis untuk memulai parmainan voli.
Sejajar dengan garis tengah yang membelah lapangan, direntangkan net yang membatasi area permainan. Untuk net lapangan bola voli terdapat dua macam ketinggian, yakni untuk putra 2.43 meter dan untuk putri 2.24 meter. Lebar jaring net sebesar 1 meter.


  1. Teknik Dasar Permainan Bola Voli

1        Service

Bola dilambungkan dengan tangan kiri ke atas kurang lebih  meter di atas kepala. Tangan kanan segera ditarik kebelakang atas kepala , telapak tangan menghadap ke depan. Kemudian bola dipukul dengan tangan pada bagian belakang atas, dibantu dengan lecutan pergelangan tangan, sehingga jalannya bola top spin (berputar ke depan). Gerakan diakhiri dengan melangkahkan kaki ke depan.

2        Smash

Diawali dengan sikap berdiri agak serong, dengan jarak 2 – 4 m dari net. Langkahkan kaki ke depan kaki kiri diikuti dengan kaki kanan dan langkah panjang kaki kiri dengan posisi terakhir kaki hampir sejajar untuk ditekuk/ posisi badan merendah.

3        Memblok (membendung)

Merupakan salah satu teknik bertahan yang dilakukan di atas net, dengan cara melompat sambil menjulurkan kedua tangan untuk menahan smash lawan.

sumber :

https://9apps.id/