Laporan Keuangan Bank
Pendidikan

Laporan Keuangan Bank

Laporan Keuangan Bank

Laporan Keuangan Bank
Laporan Keuangan Bank

Bentuk informasi yang disajikan oleh bagian akuntansi adalah laporan keuangan. Laporan keuangan disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban manajemen terhadap pihak-pihak yang berkepentingan dengan kinerja bank yang dicapai selama periode tertentu. Oleh karena itu, laporan keuangan bank harus memenuhi syarat mutu, dan karakteristik kualitatif seperti yang disampaikan dalam pembahasan kerangka konseptual akuntansi perbankan. Dengan demikian pihak-pihak pengguna laporan keuangan dapat menggunakannya tanpa dihinggapi keraguan, sementara bagi manajemen bank, laporan keuangan yang telah disusun dapat digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaaan akuntansi. Taswan (2008 , 39). SAK yang diterbitkan Ikatan Akuntansi Indonesia tentang komponen-komponen laporan keuangan adalah sebagai berikut: \
a. Neraca
b. Laporan Laba Rugi
c. Laporan Perubahan Ekuitas
d. Laporan Arus Kas
e. Catatan atas Laporan Keuangan

Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas
Menurut Simorangkir (2004, 154), Manajemen adalah faktor utama yang mempengaruhi profitabilitas bank, besar kecilnya bank dan lokasi bank bukan merupakan faktor yang paling menentukan. Manajemen yang baik yang ditunjang oleh faktor modal dan lokasi merupakan kombinasi ideal untuk keberhasilan bank.
Dari segi manajemen paling sedikit ada tiga aspek yang penting untuk diperhatikan, yaitu balance sheet management, operating management, dan financial management. Balance sheet management meliputi asset dan liability management, artinya pengaturan harta dan utang secara bersama.
Inti asset management adalah mengalokasikan dana kepada berbagai jenis atau golongan earning assets yang berpedoman kepada ketentuan berikut ini, yaitu:

Assets itu harus cukup likuid sehingga tidak akan merugikan bila sewaktu-waktu diperlukan untuk dicairkan
Asset tersebut dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan pinjaman, tetapi juga masih memberikan earnings.
Usaha me-maximize income dari investasi

Baca Juga :