Pendidikan

Optimumisasi Basis Data

Optimumisasi Basis Data


Berdasarkan analisa dan pembahasan basis data pada sub bab sebelumnya maka dianjurkan untuk melakukan perubahan pada beberapa bagian basis data. Secara umum ada 2 hal yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan basis data yaitu:

1. Merubah basis data

Perubahan tidak perlu sampai merombak basis data. Beberapa bagian yang perlu diubah adalah bagian untuk melakukan proses organisasi file pendukung topik dan bagian evaluasi/ujian.
2. Pembenahan tipe data yang ada
Ada beberapa tipe data yang kurang tepat untuk digunakan. Pemberian tipe data yang tepat akan memaksimalkan kinerja dari server kususnya pada alokasi memori bagi proses basis data.
Beberapa file yang sebaiknya dirubah diantarnya adalah tabel file_materi, file_tambahan_eks, file_tambahan, topik, soal_mc, direktori_tambahan, dan file_subfolder. Berikut adalah usulan tabel yang ditambahkan.
1. topik
Perubahan atribut yang dilakukan pada tabel ini adalah penghapusan atribut soal_essay, file_download dan nama_file_topik. Tabel ini hanya akan berisi informasi mengenai topik.
2. lokasi
Tabel ini berisi mengenai lokasi file yang akan disimpan. Atribut pada tabel ini adalah kode_lokasi sebagai kunci primer, direktori dan subdirektori. Pembuatan subdirektori baru dapat menggunakan atribut subdirektori.
3. file_download
Berisi informasi mengenai file pendukung topik mata kuliah. Informasi tersebut diantaranya adalah jenis file. File yang akan di-upload ataupun di-download harus mempunyai jenis apakah itu file audio (diberi kode AU), file berekstensi pdf (PF), dsb.
4. konektor3
Tabel ini merupakan penghubung antara tabel file_download, lokasi dan topik.
5. soal_mc
Berisi informasi mengenai soal pilihan ganda (multiple choice).
6. soal_essay
Tabel ini berisi informasi mengenai soal essay yang digunakan.
7. konektor4
Merupakan penghubung tabel soal_mc, soal_essay dan topik.
Pemberian atribut bagi suatu tabel melihat pada jenis data yang akan dimasukkan ke tabel serta lebar karakter tersebut. Yang dimaksudkan dengan jenis data adalah apakah data tersebut merupakan data yang berupa huruf, angka, atau campuran keduanya. Jenis data juga termasuk kegunaan dari data, apakah data berupa suatu kalimat panjang, berformat gambar, merupakan penanda waktu, dll.

sumber ;

https://solopellico3p.com/beli-mobil-bekas/