Kuliner

Pada sidang BPUPKI

Table of Contents

Pada sidang BPUPKI

 

ke dua ini mulai direncanakan juga konsep dari proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan konsep prolamasi kemerdekaan mengacu pada Piagam Jakarta, dan Untuk Undang-undang dasarpun isinya hampir keseluruhan mengacu pada konsep Piagam Jakarta, pada sidang kedua inipun perdebatan masih tetap berlanjut antara pemahaman penerapan aturan Islam, dan syariat Islam dalam tatanan negar Indonesia Baru, yang keduanya muncul dari golongan

nasionalis dan keagamaan.

Pada tanggal 7 agustus 1945, BPUPKI dibubarkan karena BPUPKI dianggap telah menunaikan tugasnya dengan baik, lalu dikemudian hari dibentuklah PPKI yang tugasnya adalah untuk melanjutkan kerja BPUPKI.

Kesimpulan

Dari pemaparan diatas tentang BPUPKI maka dapat kita ambil kesimpulan sebagai berikut:

  1. Pada awal tahun 1945 Jepang mulai mengalami kekalahan pada perang Pasifik
  2. Untuk mencari dukungan dan simpati dari Rakyat Indonesia maka Jepang melakukan 2 hal yaitu:
  3. Membebaskan tahanan-tahanan Politik.
  4. Menjanjikan Kemerdekaan untuk Indonesia (prakarsa Perdana Menteri Jepang pada saat itu Kuniaki Koiso)
  5. BPUPKI dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945, sebagai prakarsa Jepang.
  6. BPUPKI diresmikan pada tanggal 29 April 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito.
  7. Tujuan dan tugas dari pembentukan BPUPKI adalah untuk mempersiapkan segala hal yang diperlukan oleh Indonesia menjelang pemberian kemerdekaan oleh Jepang kepada Indonesia dan mempelajari serta menyelidiki hal-hal yang berkaitan dengan aspek-aspek politik, ekonomi, tata pemerintahan, dan hal-hal yang diperlukan dalam usaha pembentukan negara Indonesia merdeka
  8. BPUPKI beranggotakan 74 orang yang terdiri dari 7 orang Jepang dan 67 orang Indonesia yang diketuai oleh Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat.
  9. Sidang BPUPKI pertama berlangsung pada 29 Mei 1945 – 1 Juni 1945, di gedung Cuo Sangi In di jalan Pejambon, dipimpin oleh Dr.Radjiman.
  10. Sebelum pelaksanaan sidang BPUPKI ditentukan bentuk negara yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  11. Hasil utama dari sidang BPUPKI pertama adalah munculnya ide-ide dasar negara, uang disampikan oleh:
  12.  Mr. Prof. Mohammad Yamin, S.H. pada 29 Mei 1945 mengemukakan ide  “lima asas dasar negara Republik Indonesia” meliputi: Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan  Kesejahteraan Rakyat.
  13. Prof. Mr. Dr. Soepomo, pada 31 Mei 1945 mengemukakan rumusan “Dasar Negara Indonesia Merdeka”, yaitu: Persatuan, Kekeluargaan, Keseimbangan Lahir dan Batin, Musyawarah dan Keadilan Rakyat.
  14. Ir.Soekarno, pada 1 Juni 1945 mengemukakan Pancasila, yang isinya adalah : Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

 

Sumber :

https://dunebuggyforsale.org/facebook-akan-batasi-artikel-engagement-bait/