Pengertian Dongeng, Ciri Ciri Serta Jenis Dongeng

Pengertian Dongeng, Ciri Ciri Serta Jenis Dongeng

Pengertian Dongeng, Ciri Ciri Serta Jenis Dongeng

Pengertian Dongeng, Ciri Ciri Serta Jenis Dongeng
Pengertian Dongeng, Ciri Ciri Serta Jenis Dongeng

Pengertian Dongeng

 Boscom dalam Danandjaja mendefinisikan pengertian dongen, bahwa dongeng di anggap sebagai prosa fiktif yang bertujuan untuk hiburan, pelajaran(moral) atau bertujuan lain untuk menyindir. Meskipun dongeng adalah suatu karya sastra fiktif yang tidak terikat oleh waktu, dongeng banyak terinpirasi dari dunia nyata.

Dongeng termasuk sejarah bpupki dalam karya sastra foklor, ilmu yang menjelaskan tentang kebudayaan yang berada di masyarakat. Contohnya adalah dongeng yang di ceritakan secara lisan sebagai pengantar tidur ataupun dongeng yang di ceritakan secara terbuka dengen menggunakan media lainnya, seperti boneka dll.

Jenis Jenis Dongeng

  1. Mite merupakan dongeng yang bercerita mengenai kehidupan makhluk halus, setan, jin maupun dewa-dewi. Contohnya adalah dongeng dewi sri.
  2. Legenda merupakan cerita yang lahir di tengah masyarakat yang berhubungan dengan keaadan atau suatu peristiwa yang terjadi pada saaat itu dan mehirkan suatu asal usul suatu suatu nama daerah atau keadaan alam yang terjadi. Contohnya adalah legenda banyuwangi, malin kundang, legenda danau toba dll
  3. Fabel merupakan cerita yang mengangkat binatang sebagai tokoh dan menceritakan tentang kehidupan mereka. Contohnya Sang kancil
  4. Hikayat merupakan sebuah dongeng yang berkisah tentang kehebatan ataupun kepahlawanan seseorang lengkap dengan kesaktian, keanehan serta mukjizat tokoh utama. Contohnya, Hikayat Si Miskin, Hikayat Sri Rama
  5. Parabel adalah suatu dongeng yang menggunakan perumpamaan yang menggunakan kiasan kiasan  yang bertujuan untuk mendidik pembacanya. Contohnya sepasang selot kulit.

Dongeng orang pendir adalah dongeng yang bersifat jenaka yang menceritakan tentang pengalaman pengalaman konyol maupun tingkah laku sang tokoh yang cerdik dan jenaka. Contohnya dongeng abu nawas.

Ciri-Ciri Dongeng

  1. Alur yang digunakan sederhana
  2. Ceritanya singkat dan bergerak cepat
  3. Karakter tokoh tidak diuraikan secara rinci
  4. Ceritanya disampaikan dari mulut ke mulut atau secara lisan
  5. Pesan atau tema terkadang dituliskan dalam cerita
  6. Umumnya, pendahuluannya sangat singkat dan langsung.

 

Contoh Dongeng

Singa dan Tikus

Seekor singa sedang tidur. Tiba-tiba, ada seekor tikus yang lewat di depan wajahnya, dan membuatnya terbangun. Singa itu pun lalu dengan cepat menangkap si Tikus dan hendak membunuhnya. Si Tikus lalu memohon supaya diampuni. “Ampuni aku,” kata si Tikus. “Jika kamu mau mengampuni aku, suatu saat nanti akan kubalas kebaikanmu.” Singa tertawa, lalu melepaskan tikus itu.
 
Beberapa hari kemudian, saat sedang berjalan-jalan di hutan, Singa tertangkap oleh sekelompok pemburu, yang kemudian mengikat dia dengan tali-tali yang kuat. Para pemburu itu meninggalkan dia di sana, untuk diambil keesokan harinya, saat tenaganya sudah habis dan dia tidak bisa melawan lagi. Si Singa berusaha membebaskan diri, tapi tidak bisa karena tali-tali itu terlalu kuat. Dia pun mengaum untuk meminta tolong. Si Tikus mendengar auman si Singa dari kejauhan, lalu datang untuk membantunya. Dia menggigiti tali-tali yang mengikat Singa sampai putus. 
 
Setelah si Singa terbebas dari perangkap para pemburu, si Tikus lalu berkata kepadanya. “Dulu kamu tertawa saat aku berkata bahwa suatu saat aku pasti akan membalas kebaikanmu. Sekarang sudah terbukti bukan? Aku, seekor tikus, bisa menyelamatkan kamu, seekor singa!”
Pelajaran yang dapat diambil dari dongeng ini: Kita tidak boleh meremehkan orang lain. Mungkin saja suatu saat nanti kita akan membutuhkan pertolongan darinya.
Dongeng ini diadaptasi dari cerita fabel karya Aesop yang berjudul “The Lion and The Mouse.” Dongeng ini diceritakan kembali oleh Arief Muchtar.
Tulis Komentar anda jika ini bermanfaat. Selamat belajar dan Terima Kasih.
Demikian lah pembahasan tentang pengertian dongeng, dongeng anak, dongeng, cerita dongeng, kumpulan dongeng, contoh dongeng, cerita dongeng anak, dongeng anak anak, dongeng pendek, dongeng sebelum tidur, dongeng fabel, kumpulan dongeng anak, contoh fabel, cerita anak anak, dongeng anak pendek, contoh dongeng pendek, cerita anak bergambar, jenis jenis dongeng, dongeng anak sebelum tidur, cerita dongeng pendek, pengertian legenda, kumpulan cerita dongeng, dongeng singkat, contoh dongeng fabel, contoh dongeng singkat, cerita dongeng anak anak, contoh cerita rakyat, dongeng cerita rakyat, arti dongeng, contoh cerita dongeng, contoh dongeng anak