Umum

Pengertian Masa Nifas

Pengertian Masa Nifas

  1. Masa antara kelahiran plasenta & membrane yang menandai berakhirnya periode intra partum sampai waktu menuju kembalinya system reproduksi wanita tersebut ke kondisi tidak hamil.
  2. Masa nifas adalah pulih kembali, mulai dari partus selesai sampai alat – alat kandungan kembali sebelum hami, lamanya 6 – 8 minngu.
  3. Masa nifas (puerperium) dimulai setelah plasenta lahir dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil, Masa ini berlangsung selama 6-8 minggu.
  4. Tujuan Masa Nifas

            Menjaga kesehatan ibu dan bayinya, baik fisik maupun psikologik. Mendeteksi masalah, mengobati atau merujuk bila terjadi komplikasi pada ibu maupun bayinya. Memberikan pendidikan kesehatan tentang perawatan kesehatan diri, nutrisi, keluarga berencana, menyusui, pemberian imunisasi kepada bayinya dan perawatan bayi sehat. Memberikan pelayanan keluarga berencana.

Periode Masa Nifas

Masa nifas ini di bagi menjadi dalam 3 periode antara lain :

  1. Puerperium dini, yaitu kepulihan ketika ibu telah diperbolehkan berdiri dan berjalan.
  2. Puerperium intermedial, yaitu kepulihan menyeluruh alat-alat genital.
  3. Remote puerperium, yaitu waktu yang diperlukan untuk pulih dan sehat sempurna,terutama bila selama hamil atau waktu persalinan mempunyai komplikasi. Waktu untuk sehat sempurna mungkin beberapa minggu,bulan atau tahun.
  4. Perubahan Trias Nifas
  5. Involusi

                 Involusi uterius adalah perubahan yang merupakan proses kembalinya alat kandungan atau uterius dan jalan lahir setelah bayi lahir hingga mencapai keadaan sebelum hamil. Proses involusi terjadi karena adanya proses autolisis aktifitas otot-otot dan iskhemia dimana protein dindig rahim di pecah,diaborsi dan kemudian di buang melalui uriene.

  1. Lokhea

                 Lokhea adalah sekret luka yang berasal dari luka dalam rahim terutama luka plasenta dan keluar melalui fagina .Lokhea di bedakan sesuai tingkat penyembuhan luka yaitu :

  1. Lokhea Rubra

Lokhea ini berwarna merah segar seperti darah haid karena banyak mengandung darah segar dan sisa-sisa selaput ketuban ,sel-sel decidua,vernix caseosa,lanugo meconium.pengeluarannya segera setelah persalinan sampai 2 hari post partum jumlah makin sedikit.

  1. Lokhea Sanguinolenta

Lokhea ini berwarna merah kuning berisi darah dan lendir karena pengaruh plasma darah,penggeluarannya pada hari ke 3-7 hari post partum

  1. Lokhea Serosa

Lokhea ini berwarnah kuning kecoklatan atau serum,pengeluarnnya pada hari 7-14 post Partum.

  1. Lokhea Alba

Berupacairan putih kekuningan pengeluran Setelah 2 minggu hari port partum kadang-kadang. Bila lokhea tetap berwarna merah setelah2 minggu post partum kemungkinantertinggal sisa plasenta atau selaput amnion.

Sumber: https://officialjimbreuer.com/