Pengertian Pembelajaran Kooperatif tipe STAD

Pengertian Pembelajaran Kooperatif tipe STAD

Pengertian Pembelajaran Kooperatif tipe STAD

Pengertian Pembelajaran Kooperatif tipe STAD
Pengertian Pembelajaran Kooperatif tipe STAD

 

Pengertian Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division)

Student Team Achievement Divisions (STAD) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. Siswa ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan empat orang yang merupakan campuran menurut tingkat kinerjanya, jenis kelamin dan suku. Guru menyajikan pelajaran kemudian siswa bekerja dalam tim untuk memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai pelajaran tersebut. Akhirnya seluruh siswa dikenai kuis tentang materi itu dengan catatan, saat kuis mereka tidak boleh saling membantu.

 

Keunggulan dari metode pembelajaran kooperatif tipe STAD

Keunggulan dari metode pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah adanya kerja sama dalam kelompok dan dalam menentukan keberhasilan kelompok tergantung keberhasilan individu, sehingga setiap anggota kelompok tidak bisa menggantungkan pada anggota yang lain.

 

Pembelajaran kooperatif tipe STAD menekankan

Pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal.

 

STAD terdiri dari beberapa tahapan dalam pelaksanaannya. Tahap – tahap tersebut terdiri dari :

 

1Langkah 1Guru menyampaikan materi pembelajaran ke siswa secara klasikal
2Langkah 2Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4 – 6 siswa yang heterogen, baik dari segi kemampuan, agama, jenis kelamin, atau lainnya).
3Langkah 3Dilanjutkan diskusi kelompok untuk penguatan materi (saling bantu membantu untuk memperdalam materi yang sudah diberikan)
4Langkah 4Guru memberikan tes individual, masing – masing  mengerjakan tes tanpa boleh saling bantu membantu diantara anggota kelompok.
5Langkah 5Guru memberi penghargaan pada kelompok berdasarkan perolehan nilai peningkatan individual dari skor dasar ke skor kuis

Baca Juga :