Uncategorized

Pengertian Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pengertian Pengembangan Sumber Daya Manusia

     Sumber daya manusia adalah suatu benda ekonomi yang langka dan memerlukan pengorbanan untuk memperolehnya. Berbeda dengan benda ekonomi lainnya, sumber daya manusia tidak memiliki wujud fisik sehingga dikatagorikan sebagai benda ekonomi yang berbentuk jasa.

Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak untuk mencapai tujuan organisasi itu.2

     Pengembangan sumber daya manusia adalah proses peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kapasitas dari semua penduduk suatu masyarakat.

Dalam pengertian ekonomi, pengembangan sumber daya manusia dapat digambarkan sebagai akumulasi modal manusia. Modal manusia ini diwujudkan melalui peningkatan kemampuan dan keterampilan yang memungkinkan seseorang dapat berinovasi dan berproduksi dengan cara baru.

Dalam pengembangan sumber daya manusia,  masyarakat dituntut untuk memiliki pengetahuan, keilmuan, keterampilan, kecakapan dan sikap produktif.

     Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (Empowering of Human resources atau Empowering  Resources ) merupakan suatu  aspek  manajemen yang sangat penting,kunci dan strategis, karena dimana Sumber Daya Manusia harus mampu berperan untuk menterjemahkan daya terhadap sumber-sumber lainnya pada suatu tatanan manajemen yang menjadi tujuan Organisasi. Bila manusia tidak dapat memfungsikan daya untuk kemajuan organisasi, maka dapat dipastikan manajemen organisasi akan tidak efisien,tidak efektif dan tidak ekanomis.

baca juga: