Peringati Hardiknas, Mendikbud: Manusia Terdidik Kunci Kemajuan

Peringati Hardiknas, Mendikbud Manusia Terdidik Kunci Kemajuan

Peringati Hardiknas, Mendikbud: Manusia Terdidik Kunci Kemajuan

Peringati Hardiknas, Mendikbud Manusia Terdidik Kunci Kemajuan
Peringati Hardiknas, Mendikbud Manusia Terdidik Kunci Kemajuan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan

menekankan pentingnya peningkatan kualitas manusia pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

“Hari pendidikan nasional kita rayakan sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia. Presiden Jokowi menggariskan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global jika tinggi kualitas manusianya,” ujar Mendikbud saat membacakan pidato peringatan Hardiknas di Jakarta, Senin (2/5/2016).

Anies menjelaskan manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa. Untuk itu, segala capaian yang diraih baik sebagai individu maupun bangsa merupakan persinggungan dengan pendidikan.

“Mutu dan jenjang pendidikan berdampak besar pada ruang kesempatan

untuk maju dan sejahtera. Maka memastikan setiap manusia Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang bermutu sepanjang hidupnya sama dengan memaslikan kejayaan dan keberlangsungan bangsa,” tambahnya.

Anies menjelaskan revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara hidup manusia, cara bekerja maupun cara belajar.

“Meramalkan masa depan menjadi semakin sulit karena ketidakpastian perubahan yang ada,” papar dia.

Mendikbud meminta para guru untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada para murid

untuk menyiapkan diri meraih kesempatan yang lerpampang di hadapannya.

Salah satu dukungan yang perlu diberikan yakni memastikan bahwa apa yang dipelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya.

“Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia pada abad 21 ini mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi.” ujar Anies sambil menyebut setiap anak merupakan pembelajar dan tugas para pendidik untuk memastikan semangat tersebut tetap menyala.

 

Sumber :

https://galuhristyanto.web.id/materi-paragraf-ekspositoris/