Pendidikan

Peristiwa Setelah Hari Akhir

Peristiwa Setelah Hari Akhir

  1. Alam Barzah juga disebut alam kubur. Di alam barzah manusia sudah dapat merasakan balasan amal baik dan buruk.
  2. Yaumul Ba’as artinya hari kebangkitan, yaitu hari bangkitnya kembali seluruh umat manusia sejak nabi Adam a.s. hingga manusia terakhir dari alam kubur setelah malaikat Israfil meniup sangkakala yang kedua.
  3. Yaumul Mahsyar adalah hari berkumpulnya seluruh umat manusia. Setelah manusia dibangkitkan dari alam kubur, manusia digiring dan dikumpulkan di padang mahsyar.
  4.  Yaumul Mizan yaitu hari penimbangan amal baik dan amal buruk yang dilakukan manusia selama hidupnya.
  5. Yaumul Hisab artinya hari perhitungan amal baik dan  buruk yang dilakukan selama hidupnya.
  6. Sirattalmustaqimt adalah jalan atau jembatan penentu dari setiap manusia setelah diperhitungkan dan ditimbang perbuatan baik-buruknya. Sirat tersebut menentukan manusia masuk surga atau neraka.
  7. Syafaat adalah pertolongan yang diperoleh umat manusia yang beriman, Islam dan ihsan. Pertolongan tersebut berasal dari amal perbuatan yang baik ketika di dunia. Bagi orang beriman dan beramal saleh kelak pada hari Kiamat akan mendapat syafaat berupa kemudahan dan keringanan dari berbagai kesulitan yang dihadapi.
  8. Surga dan Neraka adalah tempat terakhir yang diciptakan oleh Allah SWT untuk memberikan balasan atas perbuatan manusia semasa di dunia.


BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Dengan memahami kajian teori di atas, tentunya kita semakin mengetahui bahwa kehidupan di dunia ini hanya bersifat sementara. Manusia lahir lalu bertumbuh-kembang, dan akhirnya meninggal dunia. Begitu juga dengan hewan dan tumbuhan.

Dari pernyataan diatas, dapat disimpulkan bahwa kehidupan yang kekal hanya di akhirat kelak. Disana tidak ada lagi kematian, orang-orang beriman dan beramal saleh akan hidup selamanya di surga sebaliknya, orang-orang kafir dan beramal buruk akan hidup di neraka untuk selamanya.

B.     Saran

Kita harus selalu ingat (beriman) kepada Allah karena kita tidak akan tahu kapan akan terjadi kiamat, entah itu kiamat sugra (kematian) ataupun kiamat kubra (kiamat). Maka dari itu, kita harus meningkatkan iman serta ketaqwaan kepada Allah SWT, lebih taat kepada Allah dan Rasulullah SAW dengan menghindarkan diri dari perbuatan maksiat, senantiasa hidup dengan hati-hati, waspada, dan selalu meminta ampunan kepada Allah SWT, memberi motivasi untuk beramal dan beribadah karena segala perbuatan baik akan mendapat balasan di akhirat, dan selalu menghiasi diri dengan berzikir kepada Allah SWT sehingga jiwa menjadi tenang.

Sumber :

https://student.blog.dinus.ac.id/blogtekno/es-krim-ubi-jalar-ungu-sajian-kaya-antioksidan-kekinian/