Pola Pemerintahan Sentralistis
Pendidikan

Pola Pemerintahan Sentralistis

Pola Pemerintahan Sentralistis

Pola Pemerintahan Sentralistis

Sistem pemerintahan yang dilaksanakan oleh pemerintah Orde Baru bersifat sentralistis yakni semua bidang kehidupan bernegara diatur secara sentral dari pusat pemerintahan yaitu Jakarta. Oleh sebab itu pemerintah pusat sangat menentukan dalam berbagai kehidupan masyarakat. Hal tersebut juga dalam pengelolaan kekayaan daerah, dimana sebagian besar kekayaan dari daerah-daerah diangkut ke pusat. Demikian juga untuk bidang pers yang polanya adalah sentries, karena pemberitaan dari Jakarta (pusat) harus menjadi berita utama. Sifat emberitaa juga merupakan pemberitaan satu arah.

  1. Krisis Kepercayaan

Krisis moneter, merebaknya KKN,  ketidakadilan dalam hukum, ketimpangan ekonomi atau bisa disebut sebagai krisis multidimensional yamg melanda bangsa Indonesia telah mengurangi kepercayaan rakyat terhadap pemerintahan Orde Baru yang dipimpin oleh Presiden Soeharto. Di saat krisis moneter melanda Indonesia ternyata pemerintah tidak dapat berbuat banyak sehingga harga-harga sembako yang melambung tinggi bahkan langka membuat masyarakat semakin tidak percaya pada pemerintah. Di saat ekonomi sulit pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM., maka rakyat menjadi semakin rapuh kepercayaannya pada kepemimpinan Presiden Soeharto. Maka terjadilah demonstrasi-demonstrasi dari para mahasiswa yang puncaknya terjadi Semanggi yaitu tewasnya empat mahasiswa Trisakti oleh terjangan peluru dari aparat keamanan yang bermaksud untuk membubarkan demonstrasi mahasiswa.

Tragedi Semanggi mendorong munculnya solidaritas di  kalangan masyarakat dan kampus yang menentang kebijakan pemerintah yang tidak demokratis dan tidak berpihak pada rakyat. Tragedi ini juga menyulut terjadinya kerusuhan dan pejarahan yang terjadi “13 dan 14 Mei 1998” yang terjadi di Jakarta dan Solo. Kerusuhan menimbulkan banyak korban baik harta maupun jiwa terutama dari warga keturunan Cina yang menjadi sasaran amuk massa.

sumber :
https://minerva.co.id/2020/06/seva-mobil-bekas/