Pola Rantai Masakan Dari Aneka Macam Ekosistem Dan Penjelasannya

Pola Rantai Masakan Dari Aneka Macam Ekosistem Dan Penjelasannya

Pola Rantai Masakan Dari Aneka Macam Ekosistem Dan Penjelasannya

Pola Rantai Masakan Dari Aneka Macam Ekosistem Dan Penjelasannya
Pola Rantai Masakan Dari Aneka Macam Ekosistem Dan Penjelasannya

CONTOH RANTAI MAKANAN – Interaksi antara makhluk hidup yang terjadi di ekosistem sangat banyak. Salah satu bencana yang paling sering terjadi yakni interaksi antara makan dan makan antara makhluk hidup yang kita kenal dalam hal rantai makanan. Jika makan dan memakannya, gotong royong telah terjadi proses transfer energi antar tingkat organisme dari tingkat trofik rendah ke tingkat trofik yang tinggi. Oleh alasannya yakni itu, dalam hal ini rantai masakan sering didefinisikan sebagai proses pergerakan energi masakan yang bergerak secara linear dari organisme produsen ke konsumen puncak.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam ihwal apa yang dimaksud dengan rantai masakan yang lengkap beserta teladan rantai masakan yang ada di beberapa ekosistem. Tolong didengarkan!

Contoh Rantai Makanan

Contoh rantai masakan konkret sanggup dengan gampang ditemukan, bahkan di sekitar rumah kita. Misalnya, rumput yang tumbuh liar di halaman rumah dimakan oleh serangga, serangga dimakan oleh ayam, maka ayamnya dibantai dan dimakan oleh kita sebagai konsumen akhir, dan sebagainya.
Interaksi antara makhluk hidup yang terjadi di ekosistem sangat banyak 24 Contoh Rantai Makanan dari Berbagai Ekosistem, dan Penjelasannya

Meski begitu, rantai masakan juga tidak hanya terjadi di sekitar halaman rumah kita. Rantai masakan juga terjadi di semua ekosistem di bumi ini. Berikut yakni teladan rantai masakan dari banyak sekali ekosistem lengkap dengan gambar yang akan kita bahas satu persatu.

1. Rantai Makanan di Sawah

Pertama, mari kita bahas teladan rantai masakan di ekosistem lahan basah. Sawah merupakan ekosistem buatan yang terdiri dari organisme yang hampir homogen di semua tingkat trofik. Dalam ekosistem ini, tanaman padi dan rumput menjadi organisme atau produsen autotrofik yang sanggup menciptakan masakan sendiri melalui proses fotosintesis. Oleh alasannya yakni itu, kedua organisme ini merupakan tingkat trofik terendah dalam rantai masakan di sawah. Inilah contohnya.

Energi surya – Beras – Burung bibit – Ular padi – Elang – pengurai
Energi surya – Rumput – Serangga – Tikus – Ular padi – pengurai
Energi surya – Beras – Tikus – Elang – Pengurai
Energi surya – Beras – Serangga – Katak – Ular padi – Elang – pengurai
Energi surya – Beras – siput mas – Kodok – Ikan – Ular padi – pengurai

2. Rantai Makanan di Ekosistem Laut

Laut yakni ekosistem perairan yang paling luas di dunia. Karena itu, banyak makhluk hidup mengakibatkan maritim sebagai habitatnya. Begitu banyak makhluk hidup yang hidup di maritim menciptakan di ekosistem maritim ada jaring masakan yang kompleks. Namun, dalam hal organisme yang menjadi produsen di ekosistem ini umumnya sama, yaitu alga dan fitoplankton. Nah, berikut ini yakni teladan rantai masakan di maritim yang telah kita susun.
Energi matahari – ganggang – ikan kecil – ikan besar – hiu – pengurai
Energi surya – fitoplankton – ikan kecil – crane – ular maritim – pengurai
Energi surya – fitoplankton – udang – ikan – singa maritim – hiu – pengurai

3. Rantai Makanan Di Sungai

Sungai tersebut disebut ekosistem perairan teratai atau ekosistem perairan yang mengalir. Di sungai, organisme yang berperan sebagai penghasil ganggang umumnya sanggup melaksanakan fotosintesis dengan dukungan sinar matahari. Berikut yakni beberapa teladan rantai masakan di sungai.
Energi surya – ganggang – ikan – bangau – buaya – pengurai
Energi matahari – alga – ikan – beruang – pengurai

4. Rantai Makanan di Hutan

Ekosistem hutan meliputi ekosistem alami yang mempunyai keanekaragaman hayati tinggi. Oleh alasannya yakni itu, rantai masakan di ekosistem hutan juga tergolong rantai yang kompleks. Inilah teladan rantai masakan di ekosistem hutan yang sanggup kita kompilasi. Energi surya – rumput – kelinci – ular – elang – pengurai
Energi surya – tanaman – tikus – ular – elang – pengurai
Energi surya – rumput – kambing – harimau – pengurai

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/11/pengertian-integritas-fungsi-tujuan-manfaat-ciri-ciri-pribadi.html