SEJARAH BOLA VOLI DI ASIA
Pendidikan

SEJARAH BOLA VOLI DI ASIA

SEJARAH BOLA VOLI DI ASIA

SEJARAH BOLA VOLI DI ASIA

Dari perkembangan permainan bola voli

di Amerika Serikat, bola voli mulai berkembanga juga di berbagai negara. Pada tahun 1900, permainan bola voli sudah dikenal di negara India oleh seorang guru pendidikan jasmani dari YMCA yang bernama De Gray.

Pada tahun 1910, permainan bola voli mulai berkembang ke negara Asia lainya yaitu Filipina dan negara timur lainya. Permainan tersebut pertama dikenalkan oleh Elwood E Brown. Namun, permainan bola voli saat berkembang di negara timur ini mengalami modifikasi. Dimana pemain terdiri dari 9 orang bukan 6 orang.

Negara Asia yang menggunakan sistem permainan 9 orang tersebut adalah Jepang, Korea, Filipina dan juga Cina. Hingga akhirnya pad tahun 1961, permainan bola voli mengadakan turnamen dengan nama Morgan Cup sebagai cara untuk menghormati William G Morgan yang menciptakan permainan bola volitersebut. Peserta turnamen tersebut dari berbagai negara Asia, termasuk Indonesia.

Sejarah bola voli di Asia ini membentuk strukstur oraganisasi bola voli pada tahun 1977 hingga sekarang. Dimana organisasi tersebut diikuti oleh berbagai negara di dunia dengan berbagai tingkatan, yaitu organisasi FIVB yaitu organisasi bola voli tingkat dunia yang diikuti oleh berbagai dunia.

Organisasi PBVSI yaitu organisasi persatuan bola voli seluruh Indonesia atau tinggat nasional. Terdapat juga organisasi PBVSI I yaitu organisasi bola voli yang berada di tingkat I. PBVSI II yaitu organisasi bola voli yang ada di tingkat II. Dan di bawah organisasi tingkat II tersebut berdiri berbagai klub-klub bola voli kecil lainya.


Baca Juga :