SEJARAH BOLA VOLI DI DUNIA
Pendidikan

SEJARAH BOLA VOLI DI DUNIA

SEJARAH BOLA VOLI DI DUNIA

SEJARAH BOLA VOLI DI DUNIA

Bola voli ditemukan oleh seorang

Instruktur pendidikan jasmani yang bernama William G. Morgan pada tanggal 9 Februari 1895. Pada saat itu permainan bola voli diberi nama Mintonette dan berasal dari Amerika Serikat. Permainan Mintonette tersebut merupakan permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa permainan yang sudah ada.

Permainan Mintonette mengadopsi empat macam karakter olahraga yang menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, bola tangan dan bola tenis. Sehingga permainan tersebut menjadi permainan baru yang sekarang dikenal dengan permainan bola voli.

Pada awal sejarah bola voli, permainan Mintonette diciptakan khusus untuk organisasi YMCA yaitu organisasi orang-orang kristen. Karena anggota YMCA sudah tidak muda lagi, sehingga permainan tersebut tidak seaktif permainan lain seperti bola basket.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan zaman, permainan Mitonette berubah menjadi bola voli. Karena permainan tersebut dimainkan dengan melambungkan bola sebelum bola tersebut menyentuh ke tanah. Perubahan nama permainan tersebut terjadi pada tahun 1896 pada saat perkenalan atau demostrasi pertandingan pertama bola voli di Internasional YMCA.

Pada tahun 1896, Direktur dari YMCA mengundang Morgan untuk mengenalkan permainan bola voli di stadion kampus yang baru. Di sebuah konferensi di kampus tersebut, dihadiri oleh seluruh instrukstur pendidikan jasmani. Pada saat itu Morgan membawa dua tim dengan anggota 5 orang. Permainan tersebut dilakukan diruangan terbuka.

Pada awal permainan bola voli tidak ada batasan pemain. Sasaran permainan adalah dengan mempertahankan bola agar tetap bergerak dan melewati net lawan. Sehingga jika bola dapat melambung tinggi dan berpindah dari satu wilayah ke wilayah lainya maka akan mencetak skor. Namun sekarang ini permainan bola sudah ditentukan batas pemainya sesuai kesepakatan.


Sumber: https://half-lightmovie.com/z-city-apk/