SEJARAH BOLA VOLI DI INDONESIA
Pendidikan

SEJARAH BOLA VOLI DI INDONESIA

SEJARAH BOLA VOLI DI INDONESIA

SEJARAH BOLA VOLI DI INDONESIA

Permainan bola voli mulai berkembang

di beragai dunia salah satunya di Indonesia. Indonesia mulai mengenal bola voli pada zaman penjajahan Belanda. Dimana Belanda pernah menjajah negara Indonesia selama 3.5 abad. Pada saat itu Belanda mendatangkan guru pendidikan jasmani dari negaranya ke Indonesia untuk mengembangkan plahraga tersebut secara umum.

Belanda mulai mengenalkan dan mengembangkan olahraga bola voli di Indonesia. Permainan tersebut mulai dimainkan di lapangan terbuka dengan melakukan kompetisi antar tim Belanda sendiri. Karena olahraga tersebut sangat seru, masyarakat Indonesia banyak yang tertarik untuk mempelajari permainan tersebut.

Dengan berjalanya waktu, permainan bola voli mulai berkembang di berbagai kota besar di Indonesia. Setiap kota mempunyai tim atau klub bola voli yang dibentuk atas dasar PBVSI atau yang dikenal dengan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia pada tanggal 22 Januari 1955 di Jakarta. Pada saat itu bertepatan dengan adanya kejuaraan nasional yang pertama di Indonesia.

Sejak saat itu PBVSI mulai aktif untuk mengembangkan berbagai kegiatan olahraga didalam dan diluar negeri. Perkembangan olahraga bola voli sangat pesat hingga adanya Asian Games yang diadakan di Jakarta untuk pertama kali pada taun 1962. Dalam event besar tersebut terdapat dua kategori perlombaan yaitu untuk pria dan wanita.
Sejarah bola voli di Indonesia tidak berhenti sampai disitu. Pertandingan bola boli masuk dalam acara resmi Pekan Olahraga Nasional yang kedua pada tahun 1951 dan Pekan Olahraga Nasional pertama. Olahraga boli voli mulai menduduki peringkat hingga berada di bawah permainan sepak bola dan bulutangkis.

Karena prestasi bola voli Indonesia terus meningkat, untuk pertama kalinya pada tanggal 3 hingga 12 September 1989, PBVSI mengirimkan tim bola voli junior ke kejuaraan dunia di Athena Yunani. Dari prestasi tersebut hingga sekarang olahraga bola voli masih menuai banyak prestasi baik di kejuaraan nasional hingga internasional.


Sumber: https://www.reset931.net/freeze-2-brothers-apk/