Seputar Pengertian Virus Zika

Seputar Pengertian Virus Zika

Seputar Pengertian Virus Zika

 

Seputar Pengertian Virus Zika
Seputar Pengertian Virus Zika

 

Seputar Pengertian Virus Zika.

 

Virus Zika merupakan Flavivirus kelompok Arbovirus bagian dari virus RNA. Pertama kali diisolasi tahun 1948 dari monyet di Hutan Zika Uganda, kemungkinan Nama Virus Zika sendiri diambil dari nama hutan tempat dimana virus ini berhasil diisolasi. Kemudian beberapa negara Afrika, Asia khususnya Asia tenggara, Mikronesia, Amerika Latin, Karibia melaporkan penemuan virus Zika ini.

 

Proses Penularan Virus Zika

Proses Penularan virus ini sama seperti virus demam berdarah yaitu oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi pembawa virus Dengue yang menyebabkan penyakit demam berdarah.

Gejala-Gejala Terkena Virus Zika

sama Seperti infeksi virus pada umumnya yang awalnya pasien akan merasakan demam mendadak, lemas, kemerahan pada kulit badan, punggung dan kaki, serta nyeri otot dan sendi, termasuk flu, radang mata. Selain itu Virus tersebut diduga dapat menyebabkan kelainan microchepalyatau kelainan otak pada bayi tersebut kini mengundang perhatian. Bahkan dalam beberapa kasus, virus itu bisa menimbulkan komplikasi, seperti sindrom Guillain-Barre, yang menyebabkan kelumpuhan saraf otak.

Cara Mencegah Penularan Virus Zika

Cara Mencegah Penularan Virus Zika Adalah dengan melakukan gerakan hidup bersih yang caranya  sama seperti pencegahan infeksi demam berdarah yaitu pemberantasan sarang nyamuk. dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk temukan jentik dan soasialisakan 3 M Mengubur,Mengurus dan Menutup.

Sampai Saat ini vaksin untuk virus zika masih belum ditemukan. Maka dalam Pengobatan lebih banyak bersifat suportif dengan istirahat cukup, banyak minum air, apabila mengalami demam minumlah obat penurun panas dan yang paling penting mengonsumsi makanan yang bergizi.