Peternak

Sistem Eksresi

Table of Contents

Sistem Eksresi

Organ sistem ekstresi termasuk kulit, paru-paru, ginjal  dan hati. Ginjal mengatur pengeluaran dan keseimbangan cairan dari kandung kemih dengan mengeluarkan urin. Kulit juga mengeluarkan keringat yang merupakan bagian dari sistem ekskresi. Mamalia juga memiliki saluran pembuangan sisa pencernaan yang melalui anus dan saluran reproduksi melalui vagina dan penis.

Sistem rangka

Rangka mamalia terdiri atas dua bagian yaitu rangka aksial dan apendikular. Rangka aksial yaitu tulang tengkorak, tulang belakang, tulang dada, dan tulang selangka. Rangka spendikular terdiri dari tungkai atas yang disusun oleh tulang belikat, tulang lengan atas, tulang lengan bawah, tulang pengumpil, tulang hasta, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan dan tulang jari. Penyusunan rangkanya tergantung pada jenisnya. Ada yang kurang dan lebih dalam sistem rangka normalnya.

6. Sistem Saraf

Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Otak relatif lebih besar volumenya dibandingkan kelompok vertebrata lain. saraf kranialnya terdiri atas 12 pasang. Sistem saraf mamalia terdiri dari sistem saraf pusat dan saraf tepi. Saraf pusat terdiri dari Otak dan sum-sum lanjutan, sedangkan sum-sum  tulang belakang terletak dalam  ruas-ruas tulang belakang. Sistem saraf mamalia sudah termasuk sistem saraf kompleks.

7. Sistem Sirkulasi

Sistem sirkulasi umumnya dilakukan oleh jantung dan pembuluh darah. Jantung terdiri dari empat ruang yang sudah terpisah sempurna dengan sirkulasi darah ganda. Dan sel darah merahnya tidak berinti. Pengiriman oksigen dilakukan melalui sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Sebagai hewan endotermik, mamalia membutuhkan lebih banyak oksigen dibandingkan hewan vertebrata lainnya

https://movistarnext.com/