Soal Ujian Sekolah Tiba di Bawean

Soal Ujian Sekolah Tiba di Bawean

Soal Ujian Sekolah Tiba di Bawean

Soal Ujian Sekolah Tiba di Bawean
Soal Ujian Sekolah Tiba di Bawean

Murid-murid sekolah dasar (SD) mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian sekolah (US)

. Kamis (11/5) naskah soal untuk peserta US di Bawean sudah tiba di pulau berjarak 80 mil laut dari daratan Gresik itu.

US SD di Bawean diikuti 67 lembaga. Baik SD negeri, swasta, maupun madrasah ibtidaiyah (MI). Total ada 569 siswa dari SD negeri (SDN) dan 344 siswa dari SD swasta (SDS). Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Gresik Mahin mengatakan, distribusi soal US di Pulau Bawean lebih awal daripada SD lain. Namun, SD berlangsung bersamaan mulai Senin hingga Rabu (15-16-17/5).

”Distribusi naskah sekolah di daratan diperkirakan Sabtu, besok (13/5),” katanya.

Ada tiga mata pelajaran yang bakal diujikan. Yakni, bahasa Indonesia, ilmu pengetahuan alam (IPA), dan matematika. Cetak naskah US dilakukan pemerintah kabupaten. Tapi, materi ujian dibuat Dikbud Pemprov Jatim sebanyak 75 persen dan Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) 25 persen.

Menurut Mahin, US memang bukan penentu kelulusan siswa. Yang meluluskan atau tidak meluluskan siswa adalah sekolah. Meski demikian, siswa diminta mengikuti ujian dengan jujur dan penuh integritas.

Apa saja kriteria kelulusan? Mahin menyebutkan tiga parameter.

Pertama, siswa telah menempuh pendidikan di satuan pendidikan masing-masing sampai selesai. Kedua, siswa mengikuti ujian. Ketiga, sikap dan kepribadian, termasuk norma. ”Kalau hasil ujian di bawah standar, siswa masih bisa ikut ujian perbaikan,” tegasnya.

Distribusi ujian sekolah di Kecamatan Sangkapura dan Tambak disaksikan dan diawasi langsung oleh Wakil Bupati Moh. Qosim, Wakapolres Kompol Wahyu Priesta Utama, dan Kadispendik Mahin. Mahin menambahkan, naskah ujian sekolah disimpan di Mapolsek Sangkapura dan Tambak. ”Senin distribusikan ke sekolah,” tambahnya.

 

Sumber :

https://en.gravatar.com/ojelhtcmandiri