Taksi Terbang Daring Mulai Dikembangkan
Teknologi

Taksi Terbang Daring Mulai Dikembangkan

Taksi Terbang Daring Mulai Dikembangkan

Taksi Terbang Daring Mulai Dikembangkan
Taksi Terbang Daring Mulai Dikembangkan

SEJAK hadir pada 2014, layanan jasa transportasi melalui aplikasi teknologi dengan cepat membiak di berbagai kota utama dunia sekaligus memancing kontroversi.

Beragam inovasi dilakukan setiap perusahaan untuk melayani dan menambah pelanggan setia mereka. Uber, salah satunya. Perusahaan pembuat aplikasi itu berencana meningkatkan pelayanan dengan membuka jasa transportasi di udara.

Dilansir dari Autoblog, Uber tengah merancang pesawat berjenis VTOL

(vertical take-off and landing) untuk mengurangi kemacetan di kota-kota sibuk. Selain biaya yang diperkirakan lebih murah, perjalanan akan lebih cepat, khususnya untuk perjalanan jarak jauh.

Hal itu disebabkan pesawat tidak perlu terkena macet dan bisa memotong perjalanan yang tentunya meningkatkan nilai efi siensi. Perusahaan yang bermarkas di San Francisco, Amerika Serikat, itu mengatakan layanan tersebut masih dalam tahap konsep. Namun, mereka yakin dapat mewujudkannya dalam waktu yang tidak lama lagi.

Uber membayangkan pesawat mereka memakai mesin listrik

yang tidak berisik dan ramah lingkungan. Teknologi yang tersedia saat ini membuat visi Uber tersebut masuk akal. Pesawat VTOL juga sudah ada meski saat ini masih menggunakan mesin konvensional dan berukuran besar. Uber merancang pesawat menggunakan mesin listrik yang tidak berisik dan ramah lingkungan.

Mereka juga membayangkan pesawat tersebut punya kemampuan autopilot

untuk mengurangi risiko kesalahan manusia. Nantinya, akan dibuat juga sarana pengisian ulang baterai di helipad yang sudah ada atau tempat parkir khusus untuk pesawat tersebut.

Menurut kepala bagian produk Jeff Holden, meski semuanya dimungkinkan, banyak juga tantangan yang harus diatasi. Tantangan tersebut antara lain pembuatan pesawat yang terjangkau tapi andal, pelatihan pilot, persetujuan regulator, dan baterai yang kuat tapi ringan.

 

 

Baca Juga :