Tips Jitu Memancing Ikan Patin di Sungai

Tips Jitu Memancing Ikan Patin di Sungai

Tips Jitu Memancing Ikan Patin di Sungai

Tips Jitu Memancing Ikan Patin di Sungai
Tips Jitu Memancing Ikan Patin di Sungai

Tidak diragukan lagi jika memancing merupakan acara yang dapat melepaskan kepenatan. Dari sekian banyak jenis ikan sungai, ikan patin kerap menjadi incaran para pemancing. Alasannya tidak hanya alasannya ialah dagingnya yang terasa lezat, tetapi juga adanya sensasi sentakan tersendiri manakala umpan berhasil digondol oleh ikan ini.

Tak semudah yang terlihat, memancing ikan patin membutuhkan trik khusus. Jika hanya menerapkan teknik mancing yang umum, Anda bakal mengalami kesulitan untuk dapat menangkap ikan ini. Lantas, bagaimana sih caranya memancing ikan patin yang benar? Catat kiat-kiat di bawah ini!

Tidak diragukan lagi jika memancing merupakan acara yang dapat melepaskan kepenatan Simak Tips Jitu Memancing Ikan Patin di Sungai

Mulailah dengan membuat rangkaian pancingnya terlebih dahulu

Ikatkan pancing ke nikelin dengan jarak sekitar 5-7 cm. Berikutnya pasangkan nikelin tadi ke kili-kili yang sudah terhubung dengan senar utama. Setelah itu, masukkan juga timah sebagai pemberat ke senar utama. Ingat, di sini kita menggunakan timah yang berlubang di tengahnya sehingga timah tersebut mampu bergerak di senar utama dengan leluasa. Kemudian ikatlah senar utama ke kali-kali yang telah terpasangi mata kail.

Setelah proses pembuatan rangkaian pancing selesai, selanjutnya manfaatkan karet stoper yang dipasang sedemikian rupa di senar utama sebagai penahan sehingga timah pemberat tidak bergerak terlalu jauh dari kili-kili. Kami biasanya memasang karet stoper ini dengan jarak yang berkisar antara 5-7 cm dari kili-kili. Terakhir, saatnya untuk memasang umpan mancing yang sesuai untuk ikan patin di mata kail.

Cari lokasi yang sempurna di sungai yang sekiranya banyak menyimpan ikan patin di dalamnya

ikan hias – Lemparkan umpan sejauh mungkin dan usahakan posisi senar berada di dalam satu garis lurus. Biarkan tali senar tetap kendor tanpa perlu menariknya supaya Anda mampu mengawasinya dengan lebih terperinci melalui riak air yang timbul.

Kebiasaan ikan patin ialah tidak akan menggondol umpan dalam sekali lahap

Makara kunci utama supaya Anda sukses mengangkat ikan ini dari air ialah menyentak joran secepat mungkin ketika melihat umpan sudah dimakan. Jika terlambat, maka besar kemungkinan umpan tadi bakal dikeluarkan lagi oleh si ikan patin incaran Anda.

Tarikan pertama dari ikan patin biasanya akan terasa cukup lemah

Tetapi Anda jangan lengah terlebih dahulu alasannya ialah semakin mendekati joran, kekuatan sentakan dari ikan ini akan terasa semakin kuat. Hati-hati juga terhadap sentakan mendadak yang dapat menjadikan tali senar terputus. Disarankan untuk menggunakan serokan ketika hendak mengangkat ikan patin dari permukaan air.