Tips Memperpanjang (part 2)
Teknologi

Tips Memperpanjang (part 2)

Tips Memperpanjang (part 2)

 

Tips Memperpanjang (part 2)
Tips Memperpanjang (part 2)

Halo jumpa lagi, kali ini dengan tips memperpanjang yang kedua yaitu tentang memperpanjang nyawa baterai hape kita. Apa aja tips mempanjang yang bisa kita panjangin? Yuk kita simak:

1. Cas batre baru dengan semestinya (initializing)
Sebuah batre baru sebaiknya dicas sampai full sebelum pemakaian pertama kali. Hal ini bertujuan agar supaya kapasitas maksimal baterei bisa difungsikan. Batre-batre lama yang dari Nikel sebaiknya dicas selama 16 jam dan dihabiskan, terus dicas full lagi, terus dihabiskan lagi, gitu terus sebanyak 2-4 kali. Tapi itu kalo batre Nikel lho ya. Kalo Lithium ion, dicas aja sekitar 5-6 jam. Meskipun udah ada tulisannya full, tapi tetep dicas aja ndakpapa karena itu belum akurat kalo batre belum pernah dapet debut pengecasan.

2. Hindari penggunaan batre Lithium sampai habis-bis-bis-bis-bisss
Kalau batre Lithium dipakai sampe habis, nyawa batre bisa berkurang karena bakal kapasitasnya berkurang setelah mengalami daya yang super duper habis. Lakukan pengecasan saat batre masih sisa sekitar satu bar, atau sedikit % sebelum habis. Karena sifat lithium yang ndak seperti nikel, di dalamnya ada sejumlah “charges” atau “cell” untuk diisi-isi sebelum kandungan voltasenya habis.

3. Jaga suhu batre tetap dingin
Hindari suhu panas di sekitar batre, bahkan saat sedang dipakai di hape. Misalnya tempat seperti di mobil yang

panas terus kena sinar matahari sebaiknya dihindari. Cek juga saat mengecas batre, kalau batremu terasa panas kemungkinan cas-casan yang kamu pakai bermasalah (bisa ampere nya yang kegedean, atau sebab lain)

4. Cas batre sesuai dengan tipenya
Sesuaikan tipe carjermu, (2mA, atau yang lebih besar, atau yang lebih kecil) sesuai dengan kapasitas batremu. Selain itu juga poin ini menegaskan lagi bahwa batre Nikel berbeda dengan batre Lithium. Kalau batrenya Lithium ya jangan dicas kayak Nikel, Lithium batre tidak perlu dihabiskan dulu baru terus dicas sampai full karena justru bisa mengurangi umur batre. Nah kalau batre Nikel gimana? Jawabannya ada di paragraf atas ya. Hayo dibaca lagi. Ehehe.

5. Simpan batre dengan baik
Saat tidak dipakai, letakkan batre di kulkas. Yakin? Iya, yakin. Letakkan di wadah kedap udara yang ada di kulkas

, tapi jangan di freezer. Menyimpan batre di suhu ruangan yang dingin (tapi jangan beku), bisa membuat batre anda tetap sehat. Tapi ingat saat mau pakai lagi, keluarkan dari kulkas dan diamkan di suhu ruangan sekitar satu jam sebelum dipakai. Dan satu lagi, batre Lithium beroksidasi lebih sedikit ketika disimpan dengan kondisi cas sekitar 40%. Jadi jangan sekali-kali menyimpan batre Lithium dalam keadaan kosong.

6. Sekali-kali bersihkan logam kontak baterai
Kuning-kuning yang ada di batre (iya, kuning-kuning yang nyambungin batre sama hape itu lhooo), secara rutin dibersihkan dengan kapas telinga dan sedikit alkohol atau aseton. Kadang bisa juga ada karatnya (korosi), bersihkan dengan pelarut seperti aseton atau pembersih kuku.

ilustrasi membersihkan Logam Kontak(via wikihow)

Demikian lah tips memperpanjang (batre) kali ini, semoga bermanfaat bagi Sobat semuanya. Tetap sehat, tetap anti

gaptek, dan salam sayang selalu dari tim Ngonoo buat keluarga terkasih anda.

Gambar: pria dengan meteran jahit via shutterstock

Baca Juga: