TUGAS CUSTOMER SERVICE PERUSAHAAN
Pendidikan

TUGAS CUSTOMER SERVICE PERUSAHAAN

TUGAS CUSTOMER SERVICE PERUSAHAAN

TUGAS CUSTOMER SERVICE PERUSAHAAN

  1. Sebagai customer relation

Seorang customer service juga memiliki tugas untuk berusaha menjaga citra perusahaan agar nama baik perusahaan bisa terus dijaga. Detail tugas dari hal itu adalah membina hubungan baik dengan seluruh pelanggan. Dengan pelayanan yang baik terhadap pelanggan, pelanggan akan merasa puas dan semakin percaya kepada suatu perusahaan.

Selain membina hubungan baik dengan konsumen atau pelanggan, customer service juga bertugas membina hubungan baik dengan perusahaan yang lain. Wujud pembinaan hubungan baik tersebut dapat berupa rencana kerja sama serta merencakan untuk saling bertukar informasi mengenai suatu hal yang berkaitan dengan kedua perusahaan.

  1. Sebagai komunikator

Untuk memberikan kemudahan informasi kepada pelanggan, customer service juga bertugas menjadi komunikator. Dalam perusahaan, customer service bertugas memberikan layanan informasi dengan sebaik-baiknya kepada pelanggan. Informasi-informasi yang bisa diberikan kepada pelanggan adalah informasi tentang masa promo, penyelenggaraan diskon, dan lain sebagainya.

Selain menyampaikan informasi, sebagai komunikator customer service juga bertugas sebagai tempat menampung keluhan dan konsultasi berbagai hal yang berkaitan dengan produk sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan penyedia jasa periklanan misalnya. Customer harus siap jika ada pelanggan yang mengeluhkan tentang kurang tajamnya iklan yang diberikan atau lambatnya proses pengerjaan proyek. Peran customer service adalah menampung keluhan itu dan menyampaikan ke pihak perusahaan.

  1. Mediator pihak yang menawarkan kerja sama

Perusahaan-perusahaan adalah lahannya para mahasiswa atau event organizer dalam hal penyokongan dana lewat sponsorship. Mereka akan mengajukan proposal kerja sama terkait acara yang mereka selenggarakan. Tugas customer service adalah melayani pihak tersebut, memperhatikan apa yang dipresentasikan, dan menyampaikannya kepada pihak perusahaan untuk diskusi apakah proposal kerja sama tersebut akan diterima atau tidak.

  1. Mengelola website resmi perusahaan

Website resmi adalah satu hal yang wajib ada dalam sebuah perusahaan. Lewat web calon konsumen dapat mengakses secara bebas tentang informasi-informasi mengenai perusahaan tersebut mulai dari latar belakang berdirinya, jajaran staff, visi dan misi, program-program yang ditawarkan, testimoni-testimoni konsumen yang sudah menggunakan jasa perusahaan tersebut, hingga dokumentasi berbentuk gambar dan video tentang program yang sudah dijalankan.

Customer service bertugas mengelola web tersebut. Hal ini dikarenakan dalam setiap web resmi perusahaan, perlu dihadirkan ruang obrolan sebagai wadah calon konsumen untuk menanyakan suatu hal mengenai perusahaan tersebut. Tugas seorang customer service adalah melayani dan menjawab pertanyaan tersebut dengan sebaik-baiknya.


Baca Juga :