TUGAS CUSTOMER SERVICE RUMAH SAKIT
Pendidikan

TUGAS CUSTOMER SERVICE RUMAH SAKIT

TUGAS CUSTOMER SERVICE RUMAH SAKIT

TUGAS CUSTOMER SERVICE RUMAH SAKIT

  1. Menjadi pusat informasi pelanggan

Customer service memegang peranan penting dalam rumah sakit. Banyaknya pengunjung rumah sakit yang berasal dari berbagai macam latar belakang ekonomi mengakibatkan berbedanya pengetahuan akan prosedur-prosedur yang ada di rumah sakit. Sebagai contoh, ada yang sudah mengerti betul bagaimana menebus obat, namun ada juga yang sama sekali tidak paham tentang cara penebusan obat.

Selain berbedanya latar belakang ekonomi setiap pengunjung, kebijakan masing-masing rumah sakit pun berbeda. Customer service harus mempelajari detail-detail mengenai prosedur dan kebijakan di rumah sakit tersebut apabila ada pertanyaan dari pengunjung yang mengalami kebingungan ketika menggunakan layanan di rumah sakit tersebut.

Selain itu, customer service juga harus memahami letak-letak ruang di rumah sakit. Mereka harus tahu di mana lokasi musholla, toilet, pintu darurat, dan ruang-ruang bangsal. Apabila customer service tidak dapat menghapalkan itu semua, setidaknya mereka harus menyiapkan catatan berupa denah lokasi rumah sakit tersebut.

  1. Menanggapi komplain dan keluh kesah pengunjung dan pasien

Akan ada waktunya ketika pasien atau pengunjung tidak mendapatkan pelayanan yang baik dari pihak rumah sakit. Bisa jadi pasien merasakan tidak nyaman karena pendingin ruangannya mati, kasur tempat rawat inap kurang nyaman, serta kamar mandi ruang inap yang mengalami gangguan. Bahkan ada pula yang mengeluhkan tentang betapa rumitnya mengurus permasalahan administrasi di rumah sakit. Di sinilah seorang customer service harus menanggapi keluhan mereka.

Pengunjung atau penjenguk juga tak jarang mendapatkan pelayanan yang kurang menyenangkan. Sebagai contoh, ada pengunjung yang hendak menjenguk pasien di luar jam besuk. Petugas keamanan pun tidak mengizinkan pengunjung tersebut masuk, padahal pengunjung tersebut datang dari luar kota. Tentu hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan dapat menurunkan nama baik rumah sakit.

  1. Menjadi perantara customer dan manajer

Setelah menerima keluhan-keluhan dari pengunjung maupun pasien, tugas berikutnya dari seorang customer service adalah menyampaikan keluhan tersebut kepada manajer atau pihak penting yang lain di rumah sakit tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi apa saja yang perlu dibenahi dari pelayanan rumah sakit sehingga orang tetap menggunakan jasa pengobatan dari rumah sakit tersebut.


Sumber: https://pengetikan.co.id/geostorm-apk/