Pendidikan

Tujuan dan Fungsi Penggunaan Teknik-Teknik Hubungan Lembaga Pendidikan dan Masyarakat

Tujuan dan Fungsi Penggunaan Teknik-Teknik Hubungan Lembaga Pendidikan dan Masyarakat

Tujuan merupakan suatu arah yang dimaksud dalam suatu hal. Menurut Maisyaroh dalam Benty dan Gunawan (2015:88) menyatakan bahwa masyarakat perlu membantu penyelanggaraan pendidikan agar kualitas pertumbuhan dan perkembangan pendidikan dapat dipacu secara cepat dan akhirnya menghasilkan kualitas kehidupan masyarakat dapat meningkat. Sehingga, peran dari masyarakat sangat mendukung bagi perkembangan lembaga pendidikan yang pada akhirnya hasil dari lembaga pendidikan tersebut kembali untuk masyarakat. Menurut Elsbree dalam Tim Dosen Administrasi Pendidikan dalam Benty dan Gunawan (2015:88) mengemukakan beberapa tujuan teknik hubungan lembaga pendidikan dengan masayarakat, yaitu: (1) meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya pendidikan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, yang di dalam masyarakat demokratis, seyogyanya dapat menjadikan dirinya sebagai pelopor dan pusat pengembangan bagi perubahan masyarakat di semua bidang kehidupan bermasyarakat; (2) mengembangkan antusiasme/semangat saling membantu antara sekolah dan masyarakat demi kemajuan kedua belah pihak; (3) meningkatkan kualitas pembelajaran dan pertumbuhan peserta didik; (4) berperan dalam memahami kebutuhan-kebutuhan masyarakat; (5) mengembangkan program-program sekolah ke arah yang lebih maju; (6) mampu menumbuhkan kreativitas serta dinamika kedua belah pihak, sehingga hubungan antara kedua belah pihak bisa menjadi lebih aktif dan dinamis.

Hubungan yang baik antara sekolah dan masayarakat menurut Pidarta dalam Benty dan Gunawan (2015:88) akan menghasilkan suatu manfaat, yaitu (1) dalam pengadaan sarana dan prasarana lebih mudah karena dana yang diperoleh berasal dari adanya kerjasama tersebut; (2) lebih mudah dalam merencanakan program pengembangan sekolah sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kemampuan sekolah; (3) menjalin hubungan yang baikantara sekolah dan masayarakat agar terjadi kerukunan sehingga adanya dukungan dari masyarakat; dan (4) adanya dukungan dari masyarakat tersebut program pengembangan sekolah dapat terealisasi melalui kerjasama.Dengan menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat akan memberikan kebaikan-kebaikan bagi lembaga pendidikan maupun bagi masyarakat sendiri.

Selain itu, terdapat tujuan hubungan sekolah dengan masyarakat yang dikemukakan oleh Rahmat (2016:124) antara lain:

(1)     Mengenalkan pentingnya sekolah bagi masyarakat.

(2)     Mendapatkan dukungan dan bantuan financial yang diperlukan bagi pengembangan sekolah.

(3)     Memberikan informasi kepada masyarakat tentang isi dan pelaksanaan program sekolah.

(4)     Memperkaya atau memperluas program sekolah sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat.

Selain adanya tujuan juga terdapat fungsi dari hubungan sekolah dengan masyarakat yang dikemukakan oleh Saihudin (2018:47) yaitu memelihara, mengembangtumbuhkan, mempertahankan adanya komunikasi timbal balik yang diperlukan dalam menangani, mengatasi masalah yang muncul atau meminimalkan munculnya suatu masalah.

baca juga ;