Wujud Kebudayaan

Wujud Kebudayaan

Wujud Kebudayaan

Wujud Kebudayaan
Wujud Kebudayaan
Wujud Kebudayaan

1. Wujud ide

Wujud tersebut menunjukann wujud ide dari kebudayaan, sifatnya abstrak, tak dapat diraba, dipegang ataupun difoto, dan tempatnya ada di alam pikiran warga masyarakat dimana kebudayaan yang bersangkutan itu hidup.

Budaya ideal mempunyai fungsi mengatur, mengendalikan, dan memberi arah kepada tindakan, kelakuan dan perbuatan manusia dalam masyarakat sebagai sopan santun. Kebudayaan ideal ini bisa juga disebut adat istiadat.

2. Wujud Perilaku

Wujud tersebut dinamakan sistem sosial, karena menyangkut tindakan dan kelakuan berpola dari manusia itu sendiri. Wujud ini bisa diobservasi, difoto dan didokumentasikan karena dalam sistem ssosial ini terdapat aktivitas-aktivitas manusia yang berinteraksi dan berhubungan serta bergaul satu dengan lainnya dalam masyarakat. Bersifat konkret dalam wujud perilaku dan bahasa.

3. Wujud Artefak

Wujud ini disebut juga kebudayaan fisik, dimana seluruhnya merupakan hasil fisik. Sifatnya paling konkret dan bisa diraba, dilihat dan didokumentasikan. Contohnya : candi, bangunan, baju, kain komputer dll.

Pertumbuhan dan Perkembangan Kebudayaan
Kebudayaan bertumbuh dan berkembang dari zaman nenek moyang kita sampai saat ini. pertumbuhan dan perkembangan kebudayaan itu akan selalu berkembang dengan seiring waktu. Dari adat istiadat yang berlaku, kesenian, pemerintahan, sistem ekonomi, organisasi sosial, barang-barang kebutuhan sehari-hari dan yang lainnya yang berhubungan dengan perkembangan kebudayaan.
perkembangan itu bisa dilihat dari barang-barang yang dipakai suatu kelompok/orang. dari yang sangat jadul, sampai sekarang yang sudah diaplikasikan ke barang-barang modern., dan juga dari perilaku kehidupan suatu kelompok yang berkembang sampai saat ini.Studi Kasus
setiap kelompok masyarakat yang ada di Indonesia ini pasti memiliki kebudayaan yang berbede, sevagai contohnya kelompok yang ada di pulau jawa ini, mereka masih terus memakai adat istiadat mereka, tapi untuk saat ini adat istiadat mereka sudah mulai di aplikasikan dengan kehidupan sekarang .

Opini
menurut saya kebudayaan itu harus dipahami bagi seluruh orang, karena setiap orang pasti memiliki suatu kebudayaan bagi mereka. jadi mereka itu tahu dan mengerti apa itu kebudayaan dan perkembangannya yang ada .